Di Tes Otomotif Kenapa Topspeed CBR250RR Gigi 6 Cuma 167km/j? Perhatikan Videonya Secara Seksama!

image

Anangcozz – Hasil tes Topspeed CBR250RR oleh dua media otomotif tanah air baru baru ini cukup bikin panas biker tanah air. Bagaimana tidak, hasil topspeed yang diraih dua tester media kawakan tersebut sama, tapi beda pada posisi gearnya. Otomotif klaim topspeed CBR250RR adalah 167kpj pada gigi 6 sedangkan M+ 167kpj pada gigi 5 pada jarak 600 meter. Ini yang benar yang mana??? Dan kenapa kok bisa beda jauh…padahal sudah pasti tester keduanya paling jago dan paling berpengalaman dibandingkan tester lainnya. ACB sendiri juga merasa cukup aneh dan di bikin penasaran.

Dari data data yang ada kita tidak bisa mengorek lebih banyak informasi yang diberikan M+, lha wong cuma hasil jepretan topspeed dan posisi gear di spedometer CBR250RR…cuma bisa manggut manggut tok 😁

image

Tes topspeed M+

Gak berhenti sampai disitu, mari kita coba melihat data dari video yang diunggah oleh Otomotif. Karena cuma dari video ini yang paling lengkap informasinya. Mulai dari ketika rider keluar tikungan, lalu melewati trek lurus sepanjang 600 meter hingga finish.

Karena saking penasarannya, ane bolak balik memutar video tersebut sampai bosan😄 Dan akhirnya setelah beberapa kali melihat video tersebut secara detil, terutama dimulai menit 4:17 hingga 4.36, tepat pada saat tester mulai mengail topspeed, ane menemukan seperti ada yang aneh terutama ketika rider melaju pada gigi ke 5.
Beberapa catatan yang ane dapatkan adalah,…
– Menit 4:17 rider keluar tikungan di kecepatan 83kpj gigi 3.

image

– Menit 4:22 dari gigi 3 masuk gigi 4 di kecepatan 126kpj. Nafas mesin pada gigi 4 cukup panjang terus di gass pol hingga hampir mencapai limiter.

image

– Menit 4:27 dari gigi 4 masuk ke gigi 5 pada kecepatan 154kpj.

image

– Menit 4:30. Nah, disinilah mulai terlihat sedikit aneh gan. Durasi perpindahan gigi dari gigi 4 ke 5 cukup panjang yakni 5 detik. Namun begitu masuk ke gigi 5….durasi perpindahan dari gigi 5 ke 6 hanya berselang 3 detik saja, padahal rpm belum begitu tinggi (bandingkan dengan pergerakan rpm pada saat oper gigi 4 ke 5 sebelumnya). Hal ini cukup aneh, karena jelas tester Otomotif terlihat terlalu cepat memindahkan gigi 5 ke 6, padahal nafas mesin di gigi 5 masih panjang untuk meraung hingga limit.

Sebenarnya kalo rider mau terus betot gas di gigi 5 hingga maksimal, kecepatan diatas 160kpj kemungkinan besar bisa dengan mudah dilewati hingga finish. Kenapa? Karena terlihat indikator rpm pada gigi 5 saat itu masih jauh dari limit (sekitar 12.000 rpm) yang menunjukkan jika nafas mesin masih cukup panjang…Imho. Mungkin saja tester Otomotif sengaja menyimpan power di gigi 5 untuk tes selanjutnya gaes….sekarang dikasih ini dulu biar beritanya makin hot dan banyak yang penasaran…hehehe.

Cuma sekedar opini saja gaes, belum nyoba sendiri soalnya…😂 kurang lebihnya mohon maaf. Mungkin para speed master lebih paham soal ini. Lebih jelas bisa di lihat pada Videonya berikut ini…

Iklan

4 thoughts on “Di Tes Otomotif Kenapa Topspeed CBR250RR Gigi 6 Cuma 167km/j? Perhatikan Videonya Secara Seksama!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s