Bedah Layout Sirkuit Jakabaring Palembang, Bagaimana Karakternya??

image

Bedah Layout Sirkuit Jakabaring, Palembang Bagaimana Karakternya?? Sabtu 29/10 kemarin Alex Noerdin, Gubernur Sumsel mengadakan pertemuan dengan Dorna Sport membahas wacana MotoGP di Indonesia. Dalam pertemuan tersebut Alex juga membawa layout sirkuit Jakabaring yang akan dijadikan venue balapan sob….lantas bagaimana karakter dari sirkuit tersebut??

Desain Layout Sirkuit Jakabaring adalah hasil karya Hermann Tilke yang merupakan desainer sirkuit ternama dunia asal Jerman. Hasil karyanya antara lain sirkuit A1 Ring, Bahrain, Shanghai dan juga Sepang Malaysia…
Untuk layout sirkuit Jakabaring sendiri bisa kita lihat dibawah ini sob.

image

Sirkuit jakabaring memiliki spesifikasi:
– panjang 4,314 km ( 4.314 m )
– 14 tikungan
– 9 tikungan ke Kiri
– 5 tikungan ke kanan
– 8 Area tribun kapasitas 130.000 penonton

Dari panjang total sirkuit, Jakabaring ini tergolong sirkuit pendek sob….hampir sama dengan sirkuit Jerez, Phillip Island dan juga Redbull Ring. Namun begitu karakter Jakabaring ini sangat kompleks karena memiliki kombinasi tikungan patah, 90°, chicane, fast corner, dan juga straight yang lumayan panjang < 1 km yakni di start line dan sebelum T5.

Selepas start, langsung menuju ke tikungan chicane yang cepat. Biasanya sangat menarik untuk melakukan overtaking di chicane ini. Selanjutnya ada trek lurus yang paling panjang sebelum melakukan hard braking di tikungan patah T5. Hingga T8 adalah slow corner. Setelah itu rider akan masuk ke sektor fast corner di T9 hingga T11. Di sektor ini cukup sulit karena kemampuan cengkeraman tepi ban sangat menentukan.
Dari ke T12, selanjutnya ada trek lurus lagi menuju T13 dan T14 yang sangat teknikal dimana T13 adalah fast corner pendek yang langsung menghadap patahan di T14. Sektor ini sangat krusial karena kesalahan sedikit misalnya melebar di T14, pembalap lain bisa menikung dari belakang….ini akan menjadi sektor yang menarik sebagai penentu kemenangan. Biasanya pembalap akan berusaha mencari celah disini untuk mendapatkan akselerasi maksimal ke garis finish….

Overall, karakter sirkuit ini adalah sirkuit cepat terutama dimulai dari T9 hingga finish. Durabilitas ban dan grip banyak terforsir di sektor ini. Sementara di Chicane T2-T3-T4 juga sangat menarik terutama untuk melihat kemampuan handling motor. Dan satu lagi yang belum bisa kita gali adalah bagaimana kontur lintasannya, apakah flat atau naik turun?? Ini akan sangat menarik untuk melihatnya nanti…

Demikian sob, analisanya…menurut pendapat Gpmania disini?? (Acb)

Iklan

2 thoughts on “Bedah Layout Sirkuit Jakabaring Palembang, Bagaimana Karakternya??

  1. Menurut saya habis T4 trek lurusnya dikurangin dan ditambah tingungan membentuk huruf s besar sebelum masuk T5, selain memaksimalkan lahan yang ada sekaligus menambah panjang trek dan tikungan.Dan satu lagi, menurut saya cukup memiliki dua trek panjang karna lebih banyak tikungan akan lebih menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s