Cara Menghitung Poin Klasemen Pembalap, Konstruktor Dan Tim Di MotoGP

image

Untuk para penggemar setia MotoGP pasti sudah paham betul nih tentang perhitungan poin di klasemen MotoGP….baik poin pembalap, konstruktor maupun tim. Namun bagi yang baru bergabung dengan pecinta MotoGP gak ada salahnya dalam artikel singkat ini kita menambah wawasan tentang bagaimana cara menghitung poin pembalap, konstruktor dan tim di MotoGP tiap usai balapan dalam satu musim.

Setiap seri balapan usai, tiap pembalap baik itu dari pabrikan atau satelit, konstruktor, dan tim akan mendapatkan poin sesuai posisi yang didapatkan oleh pembalap saat finish. Poin yang didapatkan itu akan menentukan klasemen pembalap, konstruktor dan tim yang dibelanya. Cara menghitung poin di MotoGP untuk pembalap adalah berikut ini: Pembalap yang berhasil memenangkan (podium 1) dalam satu balapan akan mendapatkan tambahan 25 poin, sedangkan posisi kedua (podium 2) adalah 20 poin serta posisi ketiga (podium 3) tambahan 16 poin dan seterusnya…
Lebih detilnya seperti dibawah ini,

Cara menghitung poin Pembalap Motogp

Podium 1 tambahan +25 poin
Podium 2 tambahan +20 poin
Podium 3 tambahan +16 poin
Finish urutan 4 tambahan +13 p
Finish urutan 5 tambahan +11 p
Finish urutan 6 tambahan +10 p
Finish urutan 7 tambahan +9 p
Finish urutan 8 tambahan +8 p
Finish urutan 9 tambahan +7 p
Finish urutan 10 tambahan +6 p
Finish urutan 11 tambahan +5 p
Finish urutan 12 tambahan +4 p
Finish urutan 13 tambahan +3 p
Finish urutan 14 tambahan +2 p
Finish urutan 15 tambahan +1 p
Finish urutan 16 dan seterusnya mendapatkan poin alias “nol”

Cara menghitung poin Konstruktor Motogp

Perolehan poin konstruktor diambil dari poin pembalap yang meraih poin terbaik dari Brand merek pabrikan (Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Aprilia, dsb baik dari pabrikan maupun satelit) di tiap seri balapan. Jadi misalnya rider dari tim satelit yang meraih posisi terbaik dibanding pabrikan, maka poin terbanyak yang diambil dari pembalap satelit tadi begitu juga sebaliknya.

Cara menghitung poin Tim Motogp

Satu tim ada yang menggunakan satu pembalap, dua pembalap dan juga tiga pembalap. Perolehan poin untuk team berdasarkan dari jumlah pembalap yang di turunkan oleh team tersebut, bila pembalap yang di turunkan hanya satu maka poin untuk team ya dari satu pembalap tadi. Tetapi apabila ada dua pembalap yang di turunkan, maka total poin yang di dapatkan oleh dua pembalap tadi di tambahkan menjadi total poin buat Tim.
Bagaimana jika ada tiga pembalap dalam satu tim?? Perhitungan poin maksimal hanya untuk dua pembalap jadi kalau ada pembalap ketiga dan semua meraih poin dalam satu balapan maka yang di hitung cuma dari dua pembalap teratas.

Yuk simak contoh berikut ini yang saya ambil dari hasil balapan selama musim 2016 tahun ini. Yang pada intinya poin klasemen konstruktor didapatkan dari perolehan poin terbaik pembalap yang membela merek brand tertentu (Honda, Ducati, Yamaha, Suzuki, dan Aprilia) baik dari rider pabrikan atau rider satelit. Dan begitu juga poin klasemen tim diambil dari perolehan akumulasi pembalap dalam tim tersebut.

image

Perolehan poin pembalap musim 2016

image

Perolehan poin konstruktor dan tim musim 2016

Demikian sob, cara menghitung poin MotoGP untuk pembalap, konstruktor dan tim. Semoga berguna dan menambah wawasan kita dalam menentukan klasemen sementara maupun klasemen akhir dalam satu musim MotoGP.

Iklan

3 thoughts on “Cara Menghitung Poin Klasemen Pembalap, Konstruktor Dan Tim Di MotoGP

  1. Setahu saya, kalau ada tiga pembalap utama, poin tim diambil dari finish pembalap terbaik dan pembalap terburuk. Misal di pembalap tim X finish 1, 2 dan 3 maka poin tim adalah akumulasi dari pembalap 1 dan 3. Atau mungkin sudah berubah ya kang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s