Cara Daftar Google Webmaster Tools (Search Console) Untuk Blog WordPress, Gampang Sob!!

image

Dalam dunia maya perbloggeran ( terutama yang pakai WordPress.com ) ada banyak cara dilakukan agar blog kita makin terkenal dan mudah ditemukan oleh search engine. Diantaranya adalah dengan cara rutin mengupdate artikel di blog, menerapkan SEO, berbagi backlink dengan blog lain dan sebagainya, banyak sekali cara. Namun tahukah sobat, jika sebenarnya sebelum menggunakan cara cara diatas, ada satu tips dasar agar blog kamu lebih ramah dengan mesin pencari google yaitu dengan cara mendaftarkan blog kamu atau web kamu di google webmaster tools yang kini sudah berganti nama menjadi google search console.

Apa itu google webmaster tools/google search console??
Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau dan mempertahankan keberadaan situs di hasil Google Penelusuran. Anda tidak perlu mendaftar untuk Search Console agar situs Anda disertakan di hasil penelusuran Google. Namun, mendaftar di Search Console dapat membantu Anda memahami cara Google melihat situs dan mengoptimalkan kinerjanya dalam hasil penelusuran.

Nah, jelas kan…jadi sebenarnya gak daftar juga gak masalah. Blog kamu pasti secara otomatis masuk dalam mesin penelusuran google. Namun….. jika kamu ingin lebih mengoptimalkan kinerja blog, maka cara dasar ini perlu kamu lakukan.

Apa keuntungannya daftar webmaster tools /search console??
– Yang jelas blog kamu makin ramah dengan search engine terutama Google karena seluruh isi blog kamu sudah terindex. Ibaratnya di sebuah desa… rumahmu atau keluargamu sudah terdaftar resmi sebagai penduduknya.
– Blog kita akan terus di monitor oleh robot google, serta di analisa apakah ada kesalahan, malware, virus dan lain sebagainya. Jika ada kesalahan, kita akan menerima pemberitahuan dan bagaimana solusinya.

Cara daftar google search console juga sangat mudah, bahkan dengan smartphone pun juga bisa dilakukan. Saya sendiri verifikasi blog saya ini dengan smartphone…sob. 😁 Simak tutorial berikut ini…

Langkah langkah daftar webmater tools/search console
1. Siapkan akun gmail sebelum log in ke Google Search Console.

2. Masuk ke Google Webmaster Tools, di
https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in
Setelah masuk kita akan melihat halaman seperti ini,

image

Masukkan url blog kamu pada kolom yang disediakan. Lalu klik tambahkan properti/add property

3. Setelah itu akan muncul tampilan pilihan cara untuk verifikasi.

image

Inilah tahap pendaftarannya sob. Disitu ada dua pilihan cara, namun cara paling mudah adalah dengan metode alternatif (lingkaran kuning).

4. Klik metode alternatif lalu akan muncul 4 pilihan, selanjutnya pilih yang pertama yakni Tag HTML.

image

Sesuai perintahnya, maka salin/copy meta tag yakni kode verifikasi dalam kolom tersebut.

6. Setelah menyalin kode verifikasi, jangan tutup tab halaman ini. Selanjutnya buka tab halaman baru di browser, lalu masuk ke dashboard admin wordpress blog anda.

7. Masuk di dashboard wordpress, pilih perkakas/tools lalu klik perkakas yang tersedia (lingkaran kuning)

image

8. Ada tiga kolom pilihan, pilih google webmaster tools. Lalu tempel/paste kode verifikasi pada langkah nomor 4 tadi pada kolom webmaster tools. Lalu klik simpan perubahan (save changes) di pojok kiri bawah.

image

9. Langkah terakhir. Horeee….hampir selesai 🙌
Kita masuk ke tab halaman webmaster sebelumnya seperti pada langkah nomor 4. Lalu klik VERIFIKASI.

image

Selesai sob….jika kamu berhasil akan akan ada pemberitahuan seperti ini.

image

Klik lanjutkan

image

Oke….Dan akhirnya Blog kamu sudah terdaftar dalam google webmaster tools atau google search console. Di search console ini kita juga bisa mencari beragam informasi mengenai cara optimalisasi blog dan situs anda. Mudah sekali bukan.

Video seputar Google Search Console

Pendaftaran blog sudah selesai, selanjutnya adalah memasang sitemap (peta situs). Cara pasang sitemap akan kita bahas di artikel selanjutnya sob…keep stay tune. Happy blogging. (ACB)

Semoga bermanfaat.

Iklan

6 thoughts on “Cara Daftar Google Webmaster Tools (Search Console) Untuk Blog WordPress, Gampang Sob!!

  1. Ping balik: Cara Memasang Sitemap Di Google Webmaster Tools (Search Console) Untuk Blog WordPress.com | AnangCozz's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s