Ini Efeknya Jika Pakai Pertamax Turbo Di CB150R Streetfire Gan!!

image

Pertamax Turbo RON 98 sejak diluncurkan awal Nopember 2016 lalu ini sudah banyak dijumpai di beberapa SPBU di kota kota besar sob. Seperti di Surabaya, SPBU yang sudah menjual Pertamax Turbo ini salah satunya adalah SPBU 54 61113 di jalan Ir. Soekarno, Kalijudan, Surabaya. Karena penasaran, Minggu lalu ACB samperin tuh SPBU sama si cebong (old CB150R) kebetulan pas lagi lapar tangkinya…hehehe.

Sebagai catatan riwayat si CB150R ane selama 2 tahun terakhir ini 95% pakai Pertamax 92. Kalau Pertamax 95 jarang jarang biasanya kalau pas lagi mudik ke desa aja….hehehe. Dan kali ini sejak Pertamax Turbo RON 98 resmi di jual, sudah saatnya nih CB150R ngerasain BBM dengan kualitas lebih tinggi.

Namun sebelum anda menggunakan BBM dengan nilai RON tinggi, harus di perhatikan dulu spesifikasi mesinnya sob. Jangan asal coba coba latah pakai Pertamax Turbo, apalagi jika motornya memiliki perbandingan kompresi rendah. Penggunaan jenis bahan bakar yang tepat pada spesifikasi motor membuat kinerja mesin makin maksimal. Performa nambah, makin irit bahan bakar, dan mesin lebih awet dan bersih.

Kalau dipaksakan di mesin kompresi rendah gimana?? Yang jelas bukannya makin irit, malah boros iya, karena bensin tidak terbakar dengan sempurna. Tapi kalau tujuannya untuk membersihkan kerak mesin gak usah Pertamax Turbo, Pertamax 92 sudah cukup kok… :mrgreen:

Oke balik lagi ke topik ya gan…. biar gak makin melebar 😂
Soal spesifikasi mesin, old CB150R memiliki rasio kompresi 11:1. Rasio ini sebenarnya memang paling pas pakai BBM nilai oktan Pertamax Turbo 98 sob. Perhatikan chartnya berikut ini.

image

Bagaimana efek setelah pakai Pertamax Turbo 98 ??
Yap…sejak pengisian pertama sudah sangat terasa bedanya sob.
1. Suara yang keluar dari mulut knalpotnya makin padat. Apalagi ketika jalan, makin digas suaranya makin padat, kalau bahasa jawanya “suarane ulem”.
2. Tarikan mesin makin enteng. Meski tidak signifikan tapi terasa sekali bedanya tarikan mesin mulai rpm rendah sampai rpm tinggi dibanding saat pakai Pertamax 92.
Saya tidak ada data riilnya sob, tapi ini berdasarkan feeling saja. Tapi meski begitu, pengalaman tiap hari dengan CB150R ini rasanya sudah cukup bisa merasakan perbedaannya. Mungkin untuk kedepannya jika Pertamax Turbo ini sudah beredar luas di SPBU berbagai daerah, sudah saatnya CB150R beralih ke Pertamax Turbo nih… 😂

image

Bagaimana konsumsi BBM nya?? Lebih irit atau boros?? Kita akan kupas diartikel selanjutnya sob…

Demikian sob cerita singkatnya…

Iklan

11 thoughts on “Ini Efeknya Jika Pakai Pertamax Turbo Di CB150R Streetfire Gan!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s