Cara Memasang Sitemap Di Google Webmaster Tools (Search Console) Untuk Blog WordPress.com

image

Sobat sekalian di artikel kali ini saya akan kembali melanjutkan bahasan tentang cara cara dasar untuk mengoptimalkan blog atau situs yang kita miliki, khususnya yang memakai platform WordPress.com. Pada artikel sebelumnya kita juga telah membahas tentang cara mendaftarkan blog wordpress di google webmaster tools atau Google Search Console. Nah, langkah selanjutnya setelah blog kita sudah terdaftar adalah memasang sitemap pada Google webmaster tools. Bagaimana caranya??? Yuk simak…

Apa itu sitemap?

Peta situs atau sitemap adalah file tempat Anda dapat mencantumkan halaman web situs Anda untuk memberi tahu Google dan mesin telusur lain tentang isi konten situs. Perayap web mesin telusur seperti Googlebot membaca file ini untuk merayapi situs dengan lebih cerdas. Selain itu, sitemap Anda dapat memberikan metadata bermanfaat yang dikaitkan dengan halaman yang dicantumkan dalam peta situs tersebut: Metadata adalah informasi tentang halaman web, misalnya kapan halaman terakhir kali diperbarui, seberapa sering halaman diubah, dan tingkat kepentingan halaman dibandingkan dengan URL lain dalam situs tersebut

. By google

Gampangnya gini sob….jika diibaratkan sebuah desa, maka google webmaster itu adalah perangkat desanya dan blog adalah rumah kita yang sudah didaftarkan. Dan sitemap ini ibaratnya adalah infomasi yang detil tentang rumah kita tadi seperti jumlah anggota keluarga, denah rumah dan lain lain sehingga perangkat desa lebih mudah mendata keluargamu dan isi rumahmu….begitu.

Tapi….Meski kita tidak memasang sitemap pun sebenarnya google akan secara otomatis mencari sendiri informasi di blog kita melalui mesin perayap atau googlebot. Namun, tentunya kerja google akan lebih cepat dan optimal jika kita menyediakan informasi detil tentang blog kita lewat sitemap ini. Setiap perubahan pada blog kita akan cepat terindex oleh google…begitu.

Bagaimana caranya??
Masuk dulu ke google webmaster tools atau google search console. Membuat sitemap di platform wordpress.com ternyata sangat mudah sekali sob, karena wordpress sendiri sudah menyediakannya pada menu pilihan penguji robots.txt di dasbor goggle console. Berikut ini penampakannya….

image

Ada dua pilihan sitemapnya yakni “sitemap.xml” dan “news-sitemap.xml” khusus untuk blog atau situs besar yang terdaftar di Google News.
Tapi untuk yang masih baru atau newbie dan belum terdaftar di google news pakai “sitemap.xml”.

Langkah langkah untuk membuat sitemap blog atau situs WordPress di google webmaster tools.
1. Pastikan blog kita sudah terdaftar di google webmaster tools atau search console dulu sob.
2. Masuk dasbor google webmaster tools.

image

3. Pilih Perayapan atau Crawl >>> lalu klik sitemap/peta situs seperti dibawah ini.

image

Lalu klik tambahkan/uji peta situs yang ada di pojok kanan atas.
4. Akan muncul kolom isian berikut ini (tanda panah).

image

Isikan kode sitemap tadi yakni sitemap.xml di kolom isian. Awas, pengisian harus tepat dan dengan huruf kecil semua. Kemudian klik Kirim.
5. Setelah di kirim, perlu beberapa saat Google mempersiapkan sitemapnya. Selanjutnya adalah segarkan halaman.

image

6. Jika muncul sitemap seperti dibawah ini berarti usaha anda telah berhasil…good job.
Sitemap sudah di pasang di google console anda.
Demikian sob…berbagi tips dasar dari saya. Untuk selanjutnya kita akan bahas bagaimana memasang sitemap di menu halaman blog dan di sidebar blog wordpress. Keep stay tune yak….

Iklan

10 thoughts on “Cara Memasang Sitemap Di Google Webmaster Tools (Search Console) Untuk Blog WordPress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.