Data Aisi: Distribusi Yamaha Terus Menurun Tahun Ini, Kenapa?

image

Brosis sekalian, menarik sekali ketika kita melihat data distribusi sepeda motor tanah air di bulan Nopember 2016 kemarin. Yang pertama adalah dominasi Honda yang tak terbendung, dan yang kedua adalah semakin terpuruknya Yamaha. Dua pabrikan ini memang paling menonjol jika dibandingkan pabrikan lain, karena usaha kerasnya dimulai dari produk berkualitas hingga strategi pemasaran yang besar. Namun diakhir tahun 2016 ini, posisi keduanya semakin jomplang, Honda terlalu mendominasi sementara Yamaha makin memble…ada apa dengan Yamaha??

Dari data informasi terbaru yang dirilis AISI, market share Honda bulan November terus menanjak. Dari total distribusi motor yang mencapai 570.923 unit, Honda berhasil mendistribusikan sebanyak 450.331 unit. Sedang Yamaha cukup puas dengan hasil distribusi 107.501 unit. Kawasaki diposisi ketiga dengan 8.104 unit, Suzuki keempat diangka 4,857 unit dan terakhir TVS sebanyak 130 unit.

Honda menguasai 78,9 persen, sementara Yamaha hanya 18,9 persen. Padahal sebelumnya masih diatas 19 persen. Angka ini merupakan terendah selama beberapa tahun ini. Kenapa bisa demikian? Padahal produk Yamaha secara kualitas bisa dikatakan sama dengan Honda, keduanya memiliki karakter dan kelebihan masing masing. Kalau saya sendiri menilai ada beberapa hal yang menyebabkan fenomena ini, diantaranya:

1. Gempuran bertubi tubi Honda.
Tidak dipungkiri sejak awal 2015 kemarin, Honda secara beruntun terus mengeluarkan produk produk baru, facelift baru dan juga update baru secara massive dan berkesinambungan. Selain itu, tiap muncul produk baru atau facelift baru, Honda selalu di head to head kan dengan motor Yamaha yang sekelas. Meski sekelas namun Honda sedikit menambah value agar sedikit diatas kompetitor. Sehingga konsumen pun gak punya pilihan lain, semua yang diinginkan konsumen nyaris Honda punya. Sementara Yamaha cuma melakukan facelift facelift kecil, dan minim produk baru selama 2 tahun ini.

2. Minimnya promosi
Selain minim produk baru, Yamaha juga pelit promosi. Terlihat sekali Yamaha tidak segencar Honda dalam promosi. Honda dalam mempromosikan produknya merangkul semua media, baik media besar maupun kecil seperti pegiat blogger otomotif. Hasilnya tiap ada berita motor baru, berita tersebar secara masif dan terus menerus. Semakin banyak informasi berita yang disampaikan, semakin banyak pula respon masyarakat akan suatu produk baru. Hal ini yang sepertinya kurang oleh Yamaha, bahkan terlihat agak menutup diri terutama dari blogger.

3. Akhir Tahun
Bukan suatu strategi yang baru, bahkan Yamaha tahun lalu mengakuinya bahwa tiap akhir tahun Yamaha selalu melakukan penyehatan pasokan distribusi ke dilernya. Sehingga diler tak terbebani oleh stok yang menumpuk. Baru di awal tahun biasanya Yamaha kembali menggenjot distribusinya. Dan bisa jadi…ada kemungkinan Yamaha memang sengaja menahan promosi dan produk barunya selama tahun ini sob. Menyusun strategi baru, menunggu momen yang tepat sambil terus mengamati pergerakan Honda yang agresif tahun ini. Dan keadaan penurunan ini sepertinya akan terus terjadi hingga akhir tahun ini.

– Bangkit mulai awal tahun 2017
Awal tahun depan prediksi saya Yamaha akan kembali agresif. Karena kita tahu ada beberapa produk baru telah disiapkan untuk melakukan counter attack menggempur pasar….seperti Skutik Yamaha Aerox 155, New Vixion, New R15, New R25 dan tak lupa juga jajaran skutik entry level seperti Mio series dengan fitur andalan Stop Start System (SSS). Yamaha lover kudu sabar dulu nih…menantikan kebangkitan Yamaha.
Oke sob, demikian sekelumit fenomena anjloknya distribusi Yamaha dan melejitnya Honda. Menurut sobat??

Iklan

4 thoughts on “Data Aisi: Distribusi Yamaha Terus Menurun Tahun Ini, Kenapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s