Tidak Sesuai Standar, Polda Metro Jaya Melarang Penggunaan Klakson Telolet

image

Fenomena Om Telolet Om memang lagi booming gak karuan d Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri gaungnya. Namun begitu, tampaknya klakson unik ini bakal mendapatkan perhatian khusus dari bapak Polisi sob. Kemarin melalui akun resmi Polda Metro Jaya Dot Info menyatakan akan menindak tegas pengendara yang memasang klakson modifikasi Telolet.

Berikut ini pernyataan dari Polda Metro Jaya:

Polda Metro Jaya Akan Tilang ‘Om Telolet Om’  Karena Tak Sesuai Standar

Jakarta – Polisi akan menindak tegas, pengendara yang ‎memasang klakson modifikasi ‘Om Telolet Om’. Alasannya, klakson yang kerap digunakan para sopir bus dan truk itu dinilai melanggar aturan lalu lintas. Kasubdit Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budianto menjelaskan, pihaknya melarang penggunaan klakson jenis itu karena dinilai mengganggu pengendara lainnya.

“Nanti orang akan kaget dong. Kan bunyinya sangat keras, sehingga konsentrasi pengendara akan hilang arah sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan,” kata AKBP Budianto di Jakarta, Rabu (21/12).

AKBP Budianto menjelaskan, penggunaan klakson seperti itu sama saja dengan pemasangan sirine pada kendaraan non operasional polisi.

“Modelnya sama. Masyarakat umum tak boleh mengunakan. Itu melanggar pasal 227 UU No 22 Tahun 2009 tentang angkutan jalan,” tutur AKBP Budianto.

AKBP Budianto sendiri menegaskan, akan menilang si pengemudi jika kedapatan menyembunyikan klakson seperti itu.

“Ada tindakan penegakan hukum seperti tilang atau penyuluhan. Nanti tergantung kadar kesalahan saja,” tutup AKBP Budianto.

Fenomena ‘Om Telolet Om’ viral di media sosial dalam beberapa hari belakangan. Fenomena tersebut merupakan fenomena masyarakat yang berteriak atau menuliskan kalimat ‘Om telolet Om’ di pinggir jalan untuk mendengarkan bunyi klakson dari bus yang melintas.

Beragam video diunggah di media sosial mengenai fenomena tersebut. Walhasil, video tersebut banyak mengundang reaksi dari para netizen. Tak hanya masyarakat awam, sejumlah selebritas lokal maupun internasional menanggapi fenomena tersebut.

image

Ada banyak sekali tanggapan dari netizen mengenai keputusan ini yang rata rata menolak keputusan Polda Metro Jaya, diantaranya:
– Rian Ajja: yaa namanya kendaraan besar kalo lagi ngeluarin klakson pasti bikin kaget,termasuk transjakarta juga kalo lagi ngeluarin klakson bikin kaget..lebih kaget lagi saya kalo ada anggota bapak keluar tiba tiba di balik pohon.. 😀 😀
– Hariyadi: Kalau menurut saya klakson telolet sama strobo mobil polisi malah lampu strobo mobil polisi yg berbahaya…silaaaau banget..bagaimana kalau lampu strobonya dipasang di ujung kap mesin biar tau silaunya sperti apa 😆
– Imron: Apa apaan iniii…  Bikin hilang konsentrasi bagaimana…  Yang begini bisa bikin orang ngantuk jadi konsentrasi….#AksiBelaTelolet2112   #savetelolet
– Rikanto: om pol om pol enang itu atribut polisi bukan kan kalo ini kan bunyinya telolet nah kalo polisi kan bunyinya “””wiu tot tot tot ngok ngok ” betul ga pecinta om telolet om

Fenomena Om telolet Om memang fenomenal banget akhir akhir ini. Masyarakat sendiri melihat ini sebagai hiburan tapi dari Polisi melihat dari sisi safety. Piye sob sampeyan menyikapi fenomena telolet ini?

Iklan

2 thoughts on “Tidak Sesuai Standar, Polda Metro Jaya Melarang Penggunaan Klakson Telolet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s