Biaya Pengurusan STNK Dan BPKB Kendaraan Naik Hingga 300% Mulai 6 Januari 2017

image

Awal tahun 2017 masih anget, Pemerintah juga sudah siapkan kabar yang gak kalah anget pula. Mulai 6 Januari 2017 Pemerintah akan mulai menerapkan tarif baru untuk pengurusan surat-surat kendaraan bermotor, baik roda dua, tiga maupun roda empat. Tapi sayangnya tarif baru ini bukannya semakin murah, tapi malah naik bahkan tidak tanggung tanggung kenaikannya hingga 3 kali lipat bro….

Tarif baru ini akan di berlakukan secara Nasional. Perubahan ini didasarkan atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Peraturan ini dibuat untuk mengganti Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Artinya dalam peraturan baru tersebut terdapat kenaikan tarif pengurusan, antara lain pengesahan STNK, penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan, dan surat izin serta STNK lintas batas negara. Kenaikan biaya pengurusan surat-surat kendaraan pun mencapai 3 kali lipat.

Berikut ini adalah rincian kenaikan tarif baru pengurusan STNK dan BPKB kendaraan bermotor:

– Penerbitan STNK kendaraan roda dua dan tiga aturan lama adalah Rp 50.000. Dalam peraturan baru tarif berubah menjadi Rp 100.000. Sementara untuk roda empat, dari Rp 75.000 menjadi Rp 200.000.

– Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru dan ganti kepemilikan (mutasi). Kendaran roda dua dan tiga yang sebelumya dikenakan biaya Rp80.000 naiknya menjadi Rp225.000. Kendaraan roda empat yang sebelumnya Rp100.000 kini dikenakan biaya Rp375.000.

image

Iklan

2 thoughts on “Biaya Pengurusan STNK Dan BPKB Kendaraan Naik Hingga 300% Mulai 6 Januari 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s