Topspeed GSX-R150 Tembus 148kpj, Limit RPM Mampu Mentok 13.000 Rpm…Real DOHC Emang Jozzzz!

image
image

Suzuki GSX-R150 memang patut diacungi jempol untuk urusan performa mesinnya. Di tes oleh Otomotif, di sirkuit Sentul topspeed GSX-R150 tembus 148kpj….hasil ini melewati perolehan yang diraih Yamaha R15 yang notabene diatas kertas kubikasi mesin dan powernya diatas GSX-R150. Wiihhhh mantab dah…. Apa saja kira kira faktor yang bikin sang kuda besi bisa sekencang itu??

Melihat raihan topspeed GSX-R150 di Sentul memang tidak pernah lepas dari mesin yang digendongnya. Pasalnya dikelas ini hanya Suzuki yang masih mempertahankan mesin DOHC overbore yang terkenal akan power puncaknya yang tinggi dan juga putaran mesin yang tinggi pula. Diatas kertas soal performa mesinnya tidak diragukan lagi…

Spesifikasi Suzuki GSX-R150
Mesin : 147,3 cc DOHC 4 valve direct.
Bore x stroke : 62 mm x 48,8 mm
Power : 18,9 HP (14,1 kW)/10.500 rpm
Torsi : 14,0 Nm/9.000 rpm
Berat : 131kg

Salah satu karakter mesin DOHC adalah putaran mesinnya yang mampu meraung pada kitiran tinggi. Terlihat pada spedometernya ketika digeber, limit yang dipasang GSX-R150 cukup tinggi mentok hingga 13.000 rpm.

image

Dengan ukuran bore lebih besar membuat sudut klep makin kecil yang membuat efisiensi volumetrik (VE) meningkat. Hal ini membuat power atas mesin yang dihasilkan pun bisa lebih maksimal. Power akan terus mengisi pada rpm tinggi tanpa ada gejala tersendat atau drop. Hasilnya bisa kita lihat pada hasil tes topspeed, GSX-R150 mampu menembus 148kpj. Hasil ini menurut saya sangat kencang untuk motor 150cc dalam kondisi standar.

image

Topspeed GSX-R150

Faktor lainnya di luar mesin adalah Power to Weight Ratio (PWR). GSX-R150 dengan bobot 131kg paling ringan di kelasnya dibandingkan dengan power mesin menghasilkan PWR tertinggi dikelasnya. Dengan PWR nya yang lebih tinggi, kecepatan motor juga terdongkrak.
Karakter motor yang sangat sporty, dan memiliki performa tinggi, cocok banget buat mereka para Speedlover nih…

Video Tes Topspeed GSX-R150

Iklan

2 thoughts on “Topspeed GSX-R150 Tembus 148kpj, Limit RPM Mampu Mentok 13.000 Rpm…Real DOHC Emang Jozzzz!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s