Winglet Memang Dilarang, Tapi Yamaha Punya Trik Agar Tetap Bisa Pakai Winglet…Ini Dia!

image

image

Hari ini di tes pra musim Sepang 2017 hari kedua ada yang menarik di tunggangan Mbah Rossi. Apa itu? Yap, winglet baru di M1 Rossi. Lhoh bukannya winglet sudah di banned? Betul sekali, tapi Yamaha punya trik sendiri agar model winglet baru tersebut tidak di banned. Winglet baru di desain sedemikian rupa agar tidak menyalahi aturan winglet.

Coba perhatikan foto diatas sob, tidak nampak sama sekali Winglet nya kan? Karena sirip winglet itu sendiri di selipkan di dalam fairing, sehingga dari samping tidak terlihat sirip winglet ya. Tapi kalo dilihat dari depan baru nampak jelas.

Dengan tambahan desain baru ini Yamaha M1 jadi kelihatan sedikit agak gemukan. Bagian fairing bawah menjadi agak mengembang untuk menutupi sirip winglet itu. Dari segi keamanan, winglet tersembunyi ini tidak ada masalah dan tidak berbahaya…serta dinyatakan Legal oleh race director.

Untuk sementara, winglet baru ini masih tahap eksperimen sob. Belum ada komentar dari Mbah Rossi soal pengaruh sirip baru ini. Namun secara fungsi, winglet ini diharapkan bisa menggantikan fungsi winglet sebelumnya yakni untuk membantu downforce dan mengurangi wheelie roda depan.

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

One thought on “Winglet Memang Dilarang, Tapi Yamaha Punya Trik Agar Tetap Bisa Pakai Winglet…Ini Dia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s