Terbukti Lakukan Kartel, Honda Dan Yamaha Terkena Sanksi Denda

image

image

Anangcozz.com – Sobat, pagi tadi kelanjutan sidang kasus kartel antara Yamaha dan Honda di kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akhirnya menghasilkan keputusan. KPPU memutuskan bahwa Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Astra Honda Motor (AHM) terbukti melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang No 5 Pasal 5‎ Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Dari informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, kedua perusahaan itu diputuskan terbukti melakukan praktik kartel sesuai perkara 04/KPPU-I/2016 tentang dugaan pelanggaran kesepakatan harga motor (skutik 110-125cc) yang dibacakan saat sidang di kantor KPPU Jakarta, Senin (20/2/2017).

‎Majelis komisi persidangan yang dipimpin oleh Tresna Priyana Soemardi serta anggota, R Kurnia Sya’ranie dan Munrokhim Misanam, menilai semua unsur dalam ‎Undang-Undang No 5 Pasal 5‎ Tahun 1999 telah terpenuhi. Putusan majelis komisi menyatakan YIMM dan AHM terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar ‎Undang-Undang No 5 Pasal 5‎ Tahun 1999. Karena kasus tersebut Majelis komisi juga menghukum YIMM dengan denda Rp 25 miliar dan AHM Rp 22,5 miliar.

Denda yang diterima YIMM lebih berat dengan penilaian majelis komisi karena telah memanipulasi data di persidangan. Oleh sebab itu, hukuman buat YIMM sudah termasuk ditambah 50 persen dari besaran proporsi denda.Sedangkan denda yang dikenakan untuk AHM telah dipotong 10 persen karena dinilai kooperatif oleh majelis hakim.

Denda disetorkan ke kas negara sebagai setoran pendapatan denda di bidang persaingan usaha Satuan Kerja Komisi Pengawas Persaingan Usaha melalui bank pemerintah,” pungkas ketua Majelis Komisi, Tresna.

Setelah diputuskan, Honda dan Yamaha menyatakan akan mempelajari kembali keputusan KPPU ini. Pasalnya, mereka diberi hak untuk melakukan banding dalam rentang waktu 14 hari setelah pembacaan putusan.
Ealaahh…Seru cak, kira kira gimana selanjutnya yak?? Penasaran juga dengan hasil bandingnya nanti…

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

4 thoughts on “Terbukti Lakukan Kartel, Honda Dan Yamaha Terkena Sanksi Denda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s