Mengenal Kode Yang Tertera Pada Ban Sepeda Motor

image

image

Anangcozz.com – Brosis sekalian, beberapa waktu lalu kita sudah mempelajari kode ukuran ban pada motor. Di artikel kali ini kita akan mengulas lebih rinci lagi kode kode apa saja yang tertera pada ban sepeda motor.

Di pasaran kita mengenal dua jenis ban yakni ban Imperial dan metric. Keduanya memiliki kode kode tertentu pada pinggiran ban yang menunjukkan spesifikasi ban tersebut. Seperti pada gambar berikut ini.

image

Ukuran, kompon, beban max dan kecepatan max pada ban motor

Diantaranya kode kode tersebut adalah:
1. Kode Ukuran Ban
Ban Imperial maupun Metric memiliki sedikit perbedaan mengenai ukuran ban ini. Gambar diatas merupakan contoh ban Metric. Mengenai cara membaca ukuran ban sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya [DISINI].

2. Kode Jenis Kompon Ban
Biasanya terletak setelah kode ukuran ban.
– S untuk kompon Soft
– M untuk kompon Medium
– H untuk kompon Hard
Untuk balapan biasanya menggunakan kompon ban Soft. Sementara ban untuk motor harian biasanya menggunakan kompon Medium dan Hard. Pada gambar diatas ban berkompon M/C berarti (medium).

3. Kode Batas Maks Beban
Beban maksimal yang mampu di topang oleh ban. Kode 52 berarti beban max adalah 200kg. Perhatikan indeks kode beban berikut ini.

image

4. Kode Batas Maks Kecepatan
Merupakan batas kecepatan maksimal ban pada saat motor berjalan. Pada gambar diatas tertera huruf “P” yang berarti kecepatan max ban adalah 150kpj. Perhatikan tabel kode kecepatan ban berikut ini.

image

5. Kode Umur Produksi Ban
Biasanya berupa angka dan huruf hingga 8 digit. Namun, kebanyakan hanya 4 digit angka yang merupakan standar internasional. Empat angka tersebut menunjukkan waktu produksi ban. 2 angka pertama menunjukkan pekan produksi dan 2 angka terakhir menunjukkan tahun produksi. Misalnya pada gambar berikut ini.

image

Angka “2914” berarti ban di produksi pada Pekan ke-29 Tahun 2014. Usia ideal ban adalah maksimal 3 tahun atau 40.000 km.

6. Kode Tread (TWI)
Berupa tonjolan di celah pattern ban dan juga simbol segitiga yang terletak di sejumlah titik yang menunjukkan lokasi TWI (tread wear indicator atau batas pemakaian ban). Jika keausan tread sudah mencapai tanda TWI maka ban harus segera diganti.

image

TWI dan Tipe Ban

7.  Kode Tipe Ban
– Tubeless : berarti ban tersebut tidak membutuhkan ban dalam.
– Tubetype : berarti ban tersebut harus menggunakan ban dalam.

image

Rotasi ban

8. Kode Arah Rotasi Ban
Berupa simbol panah yang menunjukkan arah rotasi ban yang sesuai. Berguna saat pemasangan ban.

Demikian sob, beberapa kode yang sering kita temukan di ban motor. Semoga berguna.

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang dari desa Lebak Harjo. Bekerja sehari hari sebagai karyawan perusahaan percetakan di surabaya. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle.. :mrgreen: monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata, dunia maya maupun dunia gaib...auuuuu hehehe. Sobat2 sekalian jika ada kritik dan saran yang membangun, informasi bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

One thought on “Mengenal Kode Yang Tertera Pada Ban Sepeda Motor”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.