Anangcozz.com – Sobat sekalian, hari Ahad 19/3/2017 kemarin PT Mitra Pinasthika Mulya (MPM) selaku main diler Honda wilayah Jawa Timur dan NTT resmi melaunching Honda CRF250Rally di Bukit Jaddih, Madura. Selain acara launching saya dan rekan rekan Jatimotoblog juga diberikan kesempatan untuk merasakan sensasi naik motor semi off road ini melewati lintasan batuan kapur yang telah disediakan sebagai lokasi testridenya.

Sebelum tesride ini dimulai ada tim dari MPM yang memberikan sedikit materi tentang teknik dasar naik motor Adventure ini kepada blogger dan juga komunitas yang hadir. Hal ini penting terutama bagi mereka yang masih pemula. Karena naik motor Adventure melintasi lintasan Offroad tentunya tidak semulus saat naik motor street bike melewati jalan beraspal bro…😜 Ada teknik tekniknya yang harus diperhatikan terutama saat melewati tanjakan, turunan, dan bahkan cara naik dan turun dari motor juga ada triknya tersendiri. Bagi pemula seperti saya yang memiliki postur tubuh tidak terlalu tinggi ini sangat bermanfaat sekali.

Dalam tesride kali ini, seperti yang diungkapkan oleh presiden direktur PT MPM Bapak Suwito saat press conference, lokasi tesride memang sengaja mengambil lintasan Offroad. Sehingga setiap tes rider bisa merasakan sensasinya langsung saat melibas jalanan Offroad sesuai dengan peruntukan motor ini, ya meskipun secara umum motor ini nyaman juga digunakan On road.

Bagi saya sendiri tes ride ini sangat berkesan. Meskipun cuma mendapatkan kesempatan melakukan satu putaran saja tapi sudah cukup bikin badan adem panas, lha bagaimana tidak jalannya saja benar benar Offroad…Ditambah rider-nya masih pemula lagi hehehe. Ini adalah pengalaman pertama saya naik motor dual sport di lintasan Offroad. Sebelumnya juga pernah coba brand lain, namun dilintasan aspal biasa…Jadi ya beda banget lah sensasinya.

Tinggi jok CRF250Rally adalah sekitar 898mm, memang cukup tinggi bagi saya dengan tinggi badan 165cm. Namun dibandingkan dengan motor lainnya yang murni Offroad atau trail masih lebih rendah. Berada diatasnya kaki jinjit balet gan, ditambah lagi berat motor mencapai 155kg, cukup menyulitkan untuk rider yang berpostur pendek seperti saya ini. Beruntung suspensi belakangnya di setel sangat Soft sekali, sehingga cukup terbantu dengan amblesnya shock belakangnya😜

Medan yang dilalui lumayan bikin ciut nyali sob. Apalagi sebelum giliran saya sudah ada jatuh juga…lumayan untuk melecut adrenalin sob. Trek diawali dengan tanjakan dengan sudut kemiringan sekitar 45°, sedikit lintasan lurus, lalu turunan tajam (lebih tajam dari tanjakannya) dan di ujung turunan langsung belok kiri yang cukup patah. Setelah itu ada beberapa gundukan dan terakhir adalah genangan air kapur yang bercampur dengan lumpur dan tidak terlalu dalam.

Ada 3 titik yang menurut saya cukup sulit dan teknikal yakni pertama di tanjakan, kedua turunan dan ketiga patahan kiri setelah melewati turunan tajam tadi. Dari beberapa kali ujicoba oleh komunitas maupun blogger, banyak yang terjatuh di tanjakan dan patahan ke kiri usai turun tajam. Di tanjakan, kebanyakan kesalahan karena telat buka gas sehingga pas menanjak yang terjadi malah ban belakang mengalami spin karena tidak mendapatkan traksi yang cukup. Posisi berkendara yang salah juga pengaruh sob…Jadi saat menanjak posisi tubuh berdiri dan kedua kaki menjepit kuat bodi motor dan usahakan kaki jangan sampai lepas dari pijakan. Ini penting untuk menjaga keseimbangan motor karena lintasannya penuh kerikil dan batu kapur.

Kemudian adalah turun tajam yang di lanjutkan dengan patahan kiri. Untuk menghindari roda depan terpeleset, dianjurkan untuk tidak terlalu keras menekan tuas rem depan. Di titik tersebut banyak yang mengalami jatuh juga, dan biasanya karena faktor kurang bisa mengendalikan motor setelah turun dan membelok tajam.

Soal urusan performa,…Jempolan dah.  Mesin 250cc, DOHC, single cylinder milik CRF250Rally ini punya torsi melimpah dan tenaganya merata hingga putaran atasnya sob. Dan yang saya suka dari karakter mesinnya adalah pendistribusian torsi dan tenaganya cenderung smooth khas karakter motor Honda. Namun begitu, bagi pemula harus diperhatikan juga teknik tekniknya sob apalagi lintasan yang di lalui adalah Offroad seperti di Bukit Jaddih ini.

Intinya memang “witing tresno jalaran soko kulino“…ACB sendiri yang sehari hari terbiasa dengan motor street bike agak gugup saat naik motor dual purpose dengan karakternya yang bringasan. Mungkin butuh beberapa kali putaran lagi yeee…biar tangannya lebih luwes😬
Wezzz….Mantab dah pokoknya. Terima kasih MPM Jatim yang sudah mengajak kita mencicipi CRF250Rally. Mungkin lain waktu bisa adakan tes ride lagi atau tes harian di lintasan On-road sekalian Turing…Hihihi. Offroadnya sudah…Tinggal On roadnya nih…😜

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

One thought on “Testride CRF250Rally, Melibas Ganasnya Lintasan Offroad Bukit Kapur Jaddih Di Madura

1. Ping balik: Honda CRF250Rally Sudah Menjangkau Tanah Papua, Harga 70,55 Juta! | Anangcozz Blog