Tips Dasar Melewati Tanjakan Dan Turunan Menggunakan Motor Dual Purpose

image

image

Anangcozz.com – Sobat sekalian, naik motor dual purpose/trail memang tidak segampang saat kita naik motor street bike bro…apalagi jalanan yang dilewati adalah jalanan Offroad yang susah untuk dilewati. Butuh teknik teknik khusus agar tidak sampai terjatuh. Teknik apa saja itu?? Yuk simak sob..

Kemarin ane bersama rekan rekan blogger Jatimotoblog melakukan testride motor Adventure tourer terbaru dari Honda yakni CRF250rally di Bukit Jaddih, Madura. Lintasan Offroadnya terdiri atas tanjakan, turunan yang cukup curam kurang lebih sudut kemiringannya mencapai 45°. Selain itu, karena memang lokasinya adalah di tambang batuan kapur, komposisi lintasannya pun kebanyakan berupa tanah kapur, kerikil dan batuan kapur yang kering. Dipilihnya lintasan Offroad ini tentunya karena menyesuaikan dengan genre dari CRF250Rally ini yang basicnya adalah motor dual purpose.

Sebelum melakukan testride, kami diberikan beberapa tips dan teknik dasar seperti saat melewati tanjakan, dan turunan saat melibas lintasan testride ini oleh tim crosser MPM Honda. Bagi mereka yang masih pemula harus tahu nih paling tidak tips dasarnya. Berikut ini beberapa tips dasar saat tanjakan, turunan dilintasan Offroad Bukit Jaddih.

image

1. Saat di tanjakan, posisi badan adalah berdiri dan sedikit maju ke depan (emange ada maju kebelakang?😜). Kedua paha menjepit kuat bodi motor dan usahakan kaki jangan sampai terlepas dari footstep. Karena lintasan banyak kerikil, kita harus ambil jarak untuk ancang ancang sebelum menanjak agar ban tidak spin saat melibas kerikil. Lepas kopling dan putar gas…

image

2. Di turunan, posisi badan juga berdiri tapi badan agak di tarik ke belakang dan kedua paha menjepit kuat bodi. Gunakan gigi 1 untuk membantu menahan laju motor dengan engine brake. Jangan terlalu menekan tuas rem depan, tapi gunakan rem belakang. Kebalik ya sama teknik pengereman saat naik street bike.😜
Lalu pandangan mata. Pandangan mata harus menatap ke depan, jangan ke bawah. Hal ini juga penting untuk menjaga keseimbangan motor dan pengendara. Pandangan mata berpengaruh terutama saat melewati turunan.

3. Untuk rider yang memiliki postur tubuh tidak terlalu tinggi ada caranya juga untuk naik dan turun dari motor ini dengan benar. Pertama, motor di standar samping, rider dari sebelah kiri motor. Kaki kiri naik di footstep duluan, lalu naik…kaki kanan langsung menapak ke tanah menahan motor. Lalu lepas standar samping. Ketika turun juga begitu, langkah langkahnya sama ketika naik tapi urutannya dibalik.

Dan tips yang gak kalah penting saat naik motor dual purpose saat melewati Medan Offroad adalah “Yakin” 😇. Pokoke yakin wes….Jangan ragu ragu. Kalo ragu malah nanti akan merusak konsentrasi dan menyulitkan kita.

image

Untuk jalanan biasa, tidak ada trik khususnya sob. Hampir sama ketika kita menggunakan motor street bike biasa. Namun selain memperhatikan teknik diatas, jangan lupa menggunakan minimal perlengkapan safety gear standar khusus untuk motor motor dual purpose. Misalnya helm, sarung tangan, sepatu Offroad, baju Jersey.

Nah itu tadi tips tips dasar mengendarai motor dual purpose saat melewati tanjakan dan turunan di lintasan Offroad.
Semoga berguna sob.

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

5 thoughts on “Tips Dasar Melewati Tanjakan Dan Turunan Menggunakan Motor Dual Purpose

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s