Valentino Rossi: Masalahnya Bukan Pada Ban, Melainkan Di Motornya

image

image

Anangcozz.com – GPmania, selama latihan bebas hingga kualifikasi Rossi terlihat sangat kesulitan untuk bersaing di barisan depan. Rossi hanya mampu bertengger di posisi 16 saat free practice dan sedikit memperbaiki posisi ke posisi 7 saat kualifikasi. Dari hasil ini Rossi akhirnya sedikit mendapatkan pencerahan mengenai inti masalah yang dia alami sejak di Qatar 2 Minggu lalu.

Valentino  mengalami masalah front end ketika memasuki tikungan. Ada semacam chatter (getaran) ban depan saat masuk tikungan. Menurutnya, (termasuk saat di Qatar lalu) masalah tersebut dikarenakan kompon ban depan baru Michelin yang lebih Soft. Rossi mengaku merasakan masalah ini sejak Winter test

Namun, setelah sesi kualifikasi di Argentina tadi malam yang berlangsung dalam kondisi lintasan basah, Rossi akhirnya mendapat petunjuk mengenai faktor yang menyebabkan masalah front end pada motornya tersebut.

Menurutnya masalah bukan berasal dari kompon ban baru Michelin, melainkan berasal dari motor M1 2017 yang dia pakai sekarang. Hal ini didasarkan Rossi ketika dia merasakan masalah yang sama (front end) ketika melibas trek basah. Jadi, dengan kata lain baik saat kering maupun basah masalah front end masih muncul meski menggunakan ban yang berbeda.

Begitu juga saat basah, aku tidak merasa nyaman dan tidak sekuat tahun lalu.” Kata Rossi.

Aku merasakan feeling yang sama ketika masuk tikungan (sama seperti saat di trek kering). Tahun lalu aku lebih kuat dilintasan basah. Motor lama menurutku lebih natural. Dengan motor baru, aku harus lebih memaksanya. Dan itu lebih sulit.” Jelas Rossi kepada Crash.

Jadi solusi terbaik mungkin bukan saja dari ban, tetapi dari motornya juga harus ada penyesuaian.

Ini berarti bahwa kita masih harus bekerja pada motor, keseimbangannya, dan mencobanya agar lebih baik lagi.” Kata Rossi.

Dan mungkin…sebuah perubahan pada riding style bisa membantu Rossi. Karena melihat Vinales yang sepertinya tidak merasakan masalah yang dialami oleh Rossi.

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

One thought on “Valentino Rossi: Masalahnya Bukan Pada Ban, Melainkan Di Motornya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s