Penjelasan Race Director Dan Tanggapan Rossi Terkait Penalti 0,3s Yang Diberikan Kepadanya

image

image

Anangcozz.com – Insiden Rossi versus Zarco di race Austin tadi pagi menjadi perbincangan hangat para fans MotoGP di media sosial. Beragam opini dan tanggapan pun muncul atas penalti yang diberikan RD kepada Rossi, bukan kepada Zarco. Lalu bagaimana kata Race Director?

Direktur Race MotoGP Mike Webb akhirnya menjelaskan mengapa Valentino Rossi mendapat penalti 0,3 detik pada balapan Austin hari Minggu. Menurut RD, pada intinya penalti yang diberikannya adalah karena Rossi mengambil keuntungan dari insiden akibat senggolan dengan Zarco. Memotong jarak dari Marquez dan menjauh dari Zarco. Seandainya Rossi pada saat keluar lintasan itu segera menutup throttle dan mundur dan tidak mengambil keuntungan waktu dari memotong jalur, pasti RD tidak akan memberikan penalti.

Dalam kasus ini RD masih menganggap ini bukan kesengajaan dari Rossi, sehingga hukuman yang pantas yakni dengan mengurangi 0,3s laptimenya di akhir balapan. Jika seorang pembalap dengan sengaja mengambil kesempatan dengan keluar jalur, maka hukuman penalti biasanya lebih besar dari waktu yang dia ambil.

Direktur Race MotoGP Mike Webb kepada Crash: “Anda tidak bisa mengambil keuntungan dengan meninggalkan trek. Jelas ada keuntungan karena dia mendekati Marquez. Jadi, kami menghapus keuntungan itu. Tapi di sisi lain, (Rossi) keluar jalur tanpa sengaja, karena dia dipaksa oleh pengendara lain. Jika seseorang dengan sengaja mengambil keuntungan, hukuman yang diberikan biasanya lebih dari waktu yang dia ambil.”

“Dalam kasus ini, memang bukan kesalahannya pergi keluar jalur. Tapi dia juga berkewajiban untuk tidak mengambil keuntungan dari keadaan tersebut. Sikap yang benar adalah mengembalikan keuntungan itu dengan menutup throttle dan kembali ke jarak yang sama sebelum insiden. Jadi yang kami inginkan hanyalah memastikan keuntungan waktu yang diperolehnya dikembalikan.” 

Kenapa Marquez di Silverstone 2016 tidak di penalti?
Pertanyaan ini sering di lontarkan para fans terkait insiden Rossi ini dengan membandingkan dengan aksi Marquez yang memotong jalur di race Silverstone tahun lalu akibat senggolan dengan Rossi. Dan seakan RD tidak adil dalam kasus ini karena memberi penalti pada Rossi sementara Marquez tidak.
Perlu diketahui ketika race Silverstone tahun lalu Marquez mengangkat tangannya sebagai tanda dia menutup gas ketika keluar jalur dan tidak mengambil keuntungan. Sementara Rossi di Austin tidak melakukannya, dan setelah di cek, Rossi memang tidak menutup Throttle saat keluar jalur.

Rossi Tidak Masalah Dengan keputusan RD, Tapi…
Kepada pers, Rossi tidak menyalahkan keputusan RD atas penalti tersebut. Namun menurutnya yang salah adalah Zarco.

“Aku

dengar penalti karena mengambil keuntungan dan 0,3s gak masalah. Bagi saya masalah bukan dari RD tapi Zarco. Dia selalu sangat cepat dan mengendarai motor dengan sangat baik, dia memiliki potensi besar. Tapi ini bukan Moto2 dan jika anda ingin menyalip anda harus menyalip dengan cara lain. Dia terlalu masuk garis dan bagiku dia harus lebih tenang.” Ungkap Rossi. 

Demikian sob, semoga berguna.

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s