#Cari_aman, Safety Riding Course Blogger Bersama MPM Honda Jatim Bikin Ketagihan!

image

image

Anangcozz.com – Masbro dan mbak sis, hari Minggu 23/4/2017 kemarin saya bersama rekan rekan blogger Jatimotoblog menimba ilmu safety riding di MPM learning center (LC), Sedati, Sidoarjo. Latihan langsung ditangani oleh para instruktur handal dari MPM Surabaya yakni Pak Helmi, Pak Sohib dan Pak Dimas Satria yang merupakan Juara Safety Riding Instructor kelas Internasional di Jepang bro.

image

Sebelum melakukan praktik langsung di area Safety Riding MPM, biar gak kaget mas Dimas sedikit memberikan materi dasar dan tanya jawab terkait Safety Riding Honda ini😁. Ada tiga latihan dasar yang harus dipahami dalam safety riding Honda yakni : Balancing (Keseimbangan), Braking (Pengereman) dan Manuver.

Setelah cukup teori yang disampaikan, dengan mengenakan perlengkapan Safety Riding komplit yang disediakan MPM kita langsung menuju motor yang akan di gunakan latihan. Semuanya adalah tipe sport, ada CBR150R, CB150R, Supra GTR150 dan Sonic 150R.
Dua hal yang harus selalu dibiasakan setiap kita akan menjalankan motor yaitu menoleh kebelakang sebentar untuk memastikan keadaan sekitar aman, dan pandangan yang lurus ke depan saat berkendara.

1. Balancing

Latihan keseimbangan ini biasanya pertama kali di lakukan sebelum melakukan teknik lainnya. Karena dengan melatih keseimbangan dulu diharapkan akan lebih mantab dalam mengenali karakter motornya. Latihan keseimbangan menggunakan narrow plank sepanjang 10 dan 15 meter. Disini kita dilatih untuk menjaga keseimbangan motor dengan berjalan diatas papan selambat mungkin tanpa menurunkan kaki. Pengendara diperbolehkan menggunakan kopling dan rem belakang saja.

image

2. Braking

Teknik yang kelihatannya cukup sepele, namun kebanyakan masih salah dalam prakteknya…Seperti saya😜. Beberapa kali uji coba (mungkin karena kebetulan) akhirnya dapat jempol juga dari instruktur…Hehehe. Teknik pengereman kali ini adalah bertujuan untuk menghentikan laju motor secara efektif di kecepatan 40kpj di trek lurus. Beberapa hal yang harus di ingat dalam teknik pengereman diantaranya:
– Jari menggenggam setang penuh. Jangan ada jari yang standnya di tuas kopling maupun rem.
– Gunakan kombinasi rem depan dan belakang dengan perbandingan 70:30 atau 60:40 atau lebih gampangnya torsi rem depan lebih besar dibanding rem belakang.
– Pada saat berhenti kaki kiri sebagai tumpuan.
– Jangan sampai ban belakang mengunci. Jika terjadi, berarti torsi rem belakang terlalu besar, kurangi dan tambah torsi rem depannya hingga motor berhenti mulus.
– Kopling di tekan ketika motor akan berhenti untuk mengoptimalkan pengereman dengan engine brake.

3. Manuver

Teknik ini dibagi menjadi 3 jenis yakni Curve 8, Slalom, dan U turn. Dalam melakukan manuver yang perlu diperhatikan adalah:
– Posisi badan harus tegak, kaki lurus dengan atau menjepit tangki pada motor sport.
– Siku membentuk sudut dan berfungsi sebagai pegas agar tidak kaku saat manuver.
– Pada saat manuver, kemiringan tubuh sama dengan motor. Jangan ikutan gaya Marquez yang elbow down yak….Ntar malah gasruk aspal😅 Yang perlu di ketahui adalah teknik berkendara aman di jalan raya tidak sama seperti teknik balap motor gan…👍

Di Curve 8 kita latihan manuver membentuk angka 8. Usahakan secepat mungkin dalam melakukannya tanpa menggunakan kopling dan rem depan. Cukup gas, dan rem belakang saja. Selanjutnya di Slalom. Teknik manuver dengan membentuk huruf S. Tekniknya sama dengan Curve 8.
Dan yang terakhir adalah U turn. Teknik ini hampir sama dengan Curve 8 hanya mengandalkan putaran gas dan rem belakan dan sudut manuvernya lebih kecil sehingga butuh keseimbangan dan teknik yang mumpuni.

image

Dan menurut saya dan teman teman, U turn ini adalah yang paling sulit mas bro…Karena jika kita tidak bisa mengatur gas dan keseimbangan, biasanya motor akan mati dan gubrak alias jatuh🤕

Melihat instruktur saat mempraktikkan latihan memang kelihatannya mudah , tapi setelah kita mencobanya ternyata gak semudah seperti yang terlihat. Bahkan saya sendiri yang setiap harinya bergelut dengan motor, ternyata secara teknik berkendara yang aman masih jauh bro.
Namun, dengan adanya pelatihan ini saya jadi tahu mana cara berkendara yang aman dan yang tidak. Dan untuk keluar dari kebiasaan yang salah memang tidak mudah, butuh waktu untuk membiasakan dengan hal baru yang lebih baik lagi.

image

Safety riding Course ini sangat bermanfaat sekali bagi saya, dan bikin ketagihan pengin lebih memantapkan lagi teknik safety ridingnya sob. Meskipun sebenarnya latihan kemarin masih kurang😁 tapi Alhamdulillah paling tidak saya sudah ada bekal teknik dasarnya, tinggal di asah lagi.😊
Nah, buat sobat yang pengin ikutan latihan ini bisa mendaftarkan diri di MPM LC Sedati, Sidoarjo setiap hari Kamis. Latihan safety riding ini gratis tidak dipungut biaya apapun…Mantab Tho..!! Yuk gabung dan jadilah pelopor keselamatan berkendara di jalan raya. #Cari_aman

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

3 thoughts on “#Cari_aman, Safety Riding Course Blogger Bersama MPM Honda Jatim Bikin Ketagihan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s