Testride Yamaha New R15 VVA: Power Beringas, Slipper & Assist Clutch nya MANTAB!

image

image

Anangcozz.com – Masbro sekalian, pemilik Yamaha new R15 VVA boleh berbangga karena tunggangannya memiliki teknologi terkini yang belum ada di motor lainnya. Apa itu?? Yap….VVA dan Slipper Assist Clutch. Dua teknologi yang sangat berpengaruh dalam urusan perfoma dan akselerasi new R15. Bagaimana sensasi dan seberapa besar pengaruh dari efek penggunaan Slipper Assist Clutch ini??Β 

Hari Sabtu 13/5 bertempat di lokasi drag race sepanjang 201 meter area Gelora Bung Tomo Surabaya, saya bersama rekan rekan Jatimotoblog, Komunitas dan Media mendapatkan kesempatan langsung untuk menggali performa Yamaha R15 terbaru ini.

Perlu diketahui bahwa Yamaha R15 ini kini telah di bekali dengan mesin baru 155cc, Bore x Stroke lebih ke Square engine dan di dukung teknologi Variable Valve Actuation (VVA) di dalamnya. VVA ini akan aktif ketika putaran mesin mencapai 7.400 rpm dan kita bisa melihat indikator VVA ini pada spedometer akan menyala saat aktif. Fungsi utama dari VVA ini adalah mengubah bukaan intake dari low cam ke high cam. Efeknya, tenaga mesin akan terus ngisi hingga putaran mesin (rpm) yang lebih tinggi. Oleh karena itu mesin R15 ini mampu meraung hingga 11.000 rpm.

Inilah yang menurut saya salah satu keunggulan dari mesin SOHC baru Yamaha R15 ini gan. Karakter mesin yang nendang di putaran bawah tetap menjadi ciri khasnya. Namun, berkat VVA tenaga di putaran atas juga menjadi lebih terasa powernya. Main betot gas sekarang makin leluasa dan menyenangkan karena tenaga terus ngisi sejak putaran bawah hingga putaran atas. Beda dengan rival yang menggunakan mesin DOHC dengan karakternya yang unggul di putaran atasnya saja namun sedikit lemah di putaran bawahnya.

Lalu, salah satu fitur unggulan yang bikin kepo ane adalah Slipper Assist Clutch. Ada yang bertanya apakah dengan fitur ini kita tidak usah lagi tekan kopling saat pindah gigi?? Jawaban dari Pak Ilham Wahyudi selaku GM Service STSJ, masih tetap tarik tuas kopling gan. (Emangnya SSG di motor MotoGP…😁😁)
Tapi, perbedaan motor yang pake Slipper Assist Clutch dengan yang tidak, memang terasa sekali. Bedanya dengan Assist Clutch membuat tarikan tuas kopling menjadi lebih ringan sehingga lebih gampang saat menarik tuasnya. Lalu Slipper Clutch membuat deselerasi ketika shift down lebih smooth tanpa ada gejala Back Torque berlebihan yang bisa membuat ban belakang slip.

image

Di lintasan drag race 201 meter ini ane mencoba sekitar 4 kali putaran. Betot gas raihan kecepatan terbaik 107kpj gigi 4 dan di akhir trek masih dengan putaran mesin tinggi langsung berpindah ke gigi 2 dan bahkan 1. Hasilnya sangat smooth gan..Aluuusss. Engine brakenya masih terasa…, namun tidak signifikan. Alhasil makin pede saat ingin melibas tikungan karena mesin sangat smooth saat diajak deselerasi, lalu keluar dari tikungan bisa langsung berakselerasi lagi dengan lebih cepat.

Suara kenalpotnya juga beda lho…lebih ngebass dibanding suara R15 lawas.

Demikian sob….tesride singkat New R15 di lintasan Drag race 201 meter. Pada tes kali ini saya memang lebih fokuskan untuk penggunaan Slipper Assist Clutch dan performa mesin dengan VVA. Yang pasti dengan dua Fitur teknologi tersebut, lagi lagi Yamaha menjadi Pioner menghadirkan motor motor yang berkelas dengan teknologi canggih. Desain DNA R-series, ergonominya yang agresif dan juga kaki kaki yang setingkat lebih baik dikelasnya membuat new R15 menjadi primadona baru dikelas motor 150cc tanah air…πŸ‘πŸ‘

Spesifikasi All New R15 VVA 2017

image

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

12 thoughts on “Testride Yamaha New R15 VVA: Power Beringas, Slipper & Assist Clutch nya MANTAB!

  1. Ping balik: Galeri Yamaha All New R15 VVA, Lebih Kompak Dan Sporty Banget Cak…!! | Anangcozz Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s