Perbedaan Mesin CRF150L Dengan Verza 150 Dan MegaPro

image

image

Anangcozz.com – Masbro, Honda CRF150L memang tidak dipungkiri menggunakan basic mesin yang sama dengan Honda Verza maupun Megapro Fi, terlihat dari bentuk mesinnya. Namun begitu, tidak lantas dengan basic mesin sama, maka semuanya sama termasuk jeroannya. Mesin CRF150L lebih di setting untuk motor adventure, sedangkan Verza dan Megapro untuk jalanan biasa, sehingga ada beberapa perbedaan settingan disana.

Sebagai motor dual purpose alias untuk on-off sport, mesin CRF150L memiliki karakter yang berbeda yakni lebih enteng untuk tarikan bawah-menengahnya. Selain itu, mesin CRF150L diklaim memiliki performa paling baik karena memiliki PWR dan TWR paling tinggi karena memiliki berat kosong paling kecil yakni 122kg saja, sementara Verza 129kg dan Megapro 135kg.

Bagian jeroannya pun ada perbedaan pada CRF150L dibanding Verza dan Mega Pro, yaitu pada per klep, cover cylinder head, piston, durasi camshaft, crankcase, crankshaft, setang piston, dan teknologi injeksi PGM-FI.

Di jelaskan oleh Sarwono Edi dari Technical Service Division AHM bahwa pistonnya berbeda, pada CRF150L diberi coating Hard Anodic Oxide dan bentuk bagian bawahnya berbeda. Hal itu agar piston bisa tahan terhadap beban dan gesekan untuk karakter penggunaan CRF150L. Lalu pada PGM-FI pada CRF150L mempunyai sensor tambahan, yaitu IAT (Intake Air Temperature), MAP (Manifold Absolud Pressure), IACV (Idle Air Control Valve), dan TPS (Throttle Position Sensor).

Nah, lumayan banyak juga perbedaanya sob. Soal basic mesinnya sama, memang sudah lumrah oleh setiap pabrikan melakukannya untuk menekan cost produksinya. Namun begitu tidak serta merta sama semuanya, ada beberapa part berbeda yang disesuaikan dengan karakter motornya. Dan disini jelas CRF150L lebih baik dan lebih baik dari Verza maupun Megapro.

Honda CRF150L, Verza dan Mega Pro, ketiganya diproduksi di pabrik yang sama milik Astra Honda Motor (AHM) di Pegangsaan, Jakarta Utara.

Berikut perbandingan data spesifikasinya:

image

Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s