Harga BBM Jenis Pertamax Naik Per 17 Nopember 2017, Berikut Daftar Harganya

image

Anangcozz.com – Harga BBM jenis Pertamax kembali naik di bulan Nopember 2017 ini. Menurut info media kenaikan di sebabkan harga minyak dunia yang bergerak menguat menjelang akhir tahun ini.

Dikutip dari Bloomberg, pada Jumat (17/11) pukul 17.51 WIB, harga minyak WTI kontrak pengiriman Desember 2017 di New York Mercantile Exchange tercatat berada di level US$ 55,86 per barel.

Kenaikan harga minyak dunia pun membuat PT Pertamina (Persero) menaikkan harga BBM yang dijualnya. Namun Adiatma Sardjito,VP Corporate Communication Pertamina mengatakan hanya BBM jenis Pertamax 92 yang mengalami kenaikan. Kenaikan Pertamax sebesar Rp 150 per liter.

Dari website Pertamina, harga Pertamax -kita ambil patokan harga di DKI Jakarta- per 17 November berada di level Rp 8.400 per liter naik Rp 150 jika dibandingkan harga Pertamax per 11 Oktober 2017 yang dipatok Rp 8,250 per liter. Sementara itu, harga BBM lain tetap sama.

Harga Pertalite tercatat Rp 7,500 /liter, Pertamax Turbo Rp 9,350/liter, Pertamax racing Rp 42,000/liter, Dexlite Rp 7,300 /liter dan Pertamina Dex Rp 8,800/liter.

Menurut Adiatma, harga BBM jenis bahan bakar umum seperti Pertamax memang selalu mengikuti pergerakan harga minyak dunia. Harganya bisa naik dan bisa turun tergantung harga crude dan kurs dollar.

Penyesuaian harga Pertamax oleh Pertamina berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Jenis BBM yang diatur dalam Perpres ini terdiri atas, jenis BBM tertentu, jenis BBM khusus penugasan, dan jenis BBM umum.

– BBM Tertentu terdiri atas Minyak Tanah (Kerosene) dan Minyak Solar (Gas Oil).

– BBM Khusus Penugasan merupakan BBM jenis Bensin (Gasoline) RON minimum 88 untuk didistribusikan di wilayah penugasan (seluruh wilayah NKRI kecuali DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, DI Yogyakarta, dan Bali).

BBM umum terdiri atas seluruh jenis BBM di luar jenis BBM Tertentu dan BBM Khusus Penugasan.

Selain menaikkan harga Pertamax, Pertamina sebenarnya memiliki hasrat untuk menaikkan harga BBM penugasan yaitu solar subsidi dan premium. Pasalnya pemerintah belum mengubah harga Solar dan Premium sejak April 2016. Sedangkan harga minyak dunia sudah berubah dari 37 US$ per barel hingga 55 US$ per barel sekarang ini.

Pertamina juga telah menghitung potensi selisih harga yang harus ditanggung karena harga BBM Penugasan yang tidak diubah oleh Pemerintah hingga akhir tahun. Dengan harga BBM yang sama seperti sekarang, maka di akhir tahun akan ada selisih harga sebesar Rp 20 triliun yang ditanggung perseroan.

Berikut ini list harga BBM terbaru di berbagai daerah di Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s