Safety Riding: Asah Keseimbangan Badan Dan Emosi Dengan Latihan Balancing Menggunakan Narrow Plank

image

Anangcozz.com – Apa sih, Manfaat latihan Narrow plank Dalam Latihan Safety Riding Honda?? Hmmmm…mungkin dari beberapa pembaca disini ada yang bertanya tanya demikian. Dalam setiap kesempatan latihan safety riding Honda selalu ada latihan ini. Kenapa?? Apa manfaatnya?? Yuk kita bahas…

Sebelum kita uraikan, ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa memberikan gambaran, seperti: Apakah yang kita butuhkan ketika kita pertama kali belajar sepeda roda dua? Apa yang kita butuhkan saat melewati jalan sempit, licin, atau melewati celah celah kemacetan??

Jawabannya adalah keseimbangan atau bahasa kerennya Balance. Ketika pertama kali belajar naik sepeda, baik pancal maupun motor roda dua, kita pasti butuh keseimbangan untuk bisa naik dengan lancar. Gak mungkin kita bisa langsung naik sepeda dengan lancar tanpa latihan dengan berulang ulang dulu, bahkan terkadang sampai jatuh bangun.

Demikian juga ketika melewati jalan sempit, licin kita juga butuh keseimbangan…betul? Kalau badan kita gak imbang, maka bisa di pastikan akan keluar jalur atau bisa juga terjatuh.

Kemudian, ketika melewati celah celah kemacetan, kita juga butuh keseimbangan. Karena kalau gak imbang bisa jadi kita akan nyenggol kiri kanan dan terkadang lebih fatal bisa menghajar spion mobil😂

Manfaat lain yang tak kalah penting adalah melatih kesabaran. Banyak kecelakaan terjadi karena pengendara yang kurang sabar, terburu2, tak bisa mengontrol emosi apalagi kondisi jalanan yang macet, terkadang kita bisa melakukan kesalahan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain pengguna jalan. Dengan latihan Balancing ini kita juga dilatih untuk mengontrol emosi dan kesabaran.

Maka dari situlah, teknik latihan keseimbangan ini sangat bermanfaat jika dilakukan secara kontinyu. Keseimbangan tubuh kita semakin terasah begitu juga emosi kita ketika berada diatas sepeda motor. Semakin sering kita latihan, tingkat keseimbangan tubuh dan emosi kita akan semakin meningkat.

Dalam prakteknya sehari hari,, manfaatnya akan kita rasakan ketika melewati kondisi jalan yang menuntut keseimbangan seperti jalan sempit, kemacetan, jalan rusak, jalan licin dsb.

Latihan Balancing dilakukan dengan menggunakan papan kayu sempit sepanjang 20m dan lebar 15cm yang disebut Narrow plank. Dalam teknik latihan ini pengendara di tuntut bisa melewati Narrow plank se-lama mungkin dengan syarat mesin motor tidak mati, kaki tidak boleh turun, tidak menggunakan rem depan dan hanya boleh menggunakan gas dan rem belakang.

AHM dengan kampanye ‘Cari_Aman’ nya, latihan safety riding teknik Balancing ini termasuk dari tiga latihan dasar Safety Riding (SR) yang di ajarkan. Dan latihan ini juga di terapkan dalam latihan safety riding Honda Jepang sana.

Itulah sedikit wawasan tentang safety riding Honda teknik Balancing masbro. Saya sendiri sudah dua kali mengikuti acara safety riding ini. Pertama latihan bersama rekan rekan blogger Jatim dan kedua saat kompetisi safety riding blogger Jatim. Lokasinya SR berada di Safety Riding Center MPM Distributor di Sedati, Sidoarjo. Yang mau join Monggo, karena latihan Safety Riding MPM Honda dibuka untuk umum. Silahkan kontak MPM Surabaya.

Demikian Masbro, semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s