Iklan

Mesin CRF150L Mudah Dihidupkan Kembali Meski Usai Terjatuh, Ini Rahasianya

image

Anangcozz.com – Melewati jalur Offroad menggunakan motor trail memang menguji nyali sekaligus tantangan menyenangkan bagi para penghobi trabas. Tak jarang para pengendara motor trail harus terjatuh atau terperosok ketika melewati medan yang cukup sulit.

Nah, salah satu masalah yang sering terjadi pada saat terjatuh biasanya adalah mesin motor sulit untuk di hidupkan kembali. Bisa karena bensin meluber dan lain lain jika pada motor yang menggunakan karburator. Dan mesin mati tapi ketika berusaha di hidupkan mesin tidak mau merespon.

Namun untuk Honda CRF150L tidak perlu khawatir karena

CRF150L sudah dibekali sistem injeksi (PGM-FI) yang semuanya diatur menggunakan ECU atau ECM. Keunggulan sistem pembakaran injeksi ini adalah adanya sensor sensor penting seperti sensor suhu udara, sensor tekanan udara yang mengatur asupan bahan bakar. Dan satu lagi sensor penting yang dimiliki CRF150L adalah “Bank Angle Sensor” atau biasa disebut sensor kemiringan.

Fungsi bank angle sensor ini adalah untuk mematikan mesin secara otomatis ketika motor mengalami kemiringan 55° lebih selama lima detik saat motor terjatuh. ECU akan menghentikan kerja fuel pump, injektor, dan coil ignition yang membuat mesin mati otomatis.

Dan ketika mesin CRF150L mati, bagaimana cara menghidupkannya kembali? Biasanya yang terjadi adalah kita akan langsung memencet tombol starter. Tapi itu cara yang salah, dan mesin tidak akan hidup. Cara yang benar adalah dengan memutar kunci kontak ke OFF dulu, lalu putar kembali ke ON. Dengan begitu ECU akan mereset sistem dan mesin siap kembali di hidupkan.

Menurut Honda, sistem pengabutan injeksi yang terpasang pada CRF150L memungkinkan mesin untuk bekerja optimal di semua kondisi cuaca. ECU secara otomatis mengatur asupan udara dan bahan bakar, sehingga performa mesin tetap terjaga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: