Cara Mengatasi Oli Mesin Motor Yang Merembes Melalui Tutup Oli

Anangcozz.com – Masbro sekalian, kali ini kita akan sharing ringan tentang cara mengatasi tutup oli mesin motor yang merembes. Biasanya karena tutup oli yang kurang rapat dan tekanan kuat dari dalam mesin terkadang membuat oli bisa keluar merembes melalui celah celah di sekitar tutup oli. Bagaimana cara mengatasinya….yuuuk.

Beberapa hari lalu di sekitar tutup oli motor saya terlihat ada rembesan oli. Beberapa kali ke Bengkel Resmi untuk dibenahi namun hasilnya tak kunjung sembuh juga. Dan yang terakhir, saya coba tanya ke mekaniknya, kata mekaniknya masalahnya ada pada seal tutup oli. Namun masalahnya seal tersebut tidak ada di bengkel tersebut dan harus pesan dulu kalo mau beli.

Daripada harus pesan dan menunggu waktu lama lagi, saya coba cari di bengkel spare part motor umum. Dan ternyata seal yang dimaksud mekanik tadi, biasa disebut ring O di bengkel spare part. Ring O ini terbuat dari bahan karet berwarna hitam yang terletak menempel pada tutup oli. Fungsi Ring O ini sebagai penahan rembesan oli lewat tutup oli karena bersifat elastis. Ini dia penampakannya…

Biasanya ring O pada tutup oli motor jika sudah lama dan sering buka tutup oli maka kelenturannya bisa berkurang. Dan hal ini yang bisa membuat tutup oli kurang rapat dan menyebabkan oli merembes.

Setelah saya ganti dengan ring O baru, ternyata benar, rembesan oli akhirnya sembuh total gan…😬

Cukup beli Rp 3.000 saja di bengkel spare part motor. Untuk ukuran ring O disesuaikan saja dengan jenis motornya.

Jangan Menggunakan Seal Tape

Terkait masalah tutup oli ini, ada beberapa orang yang menyarankan untuk menggunakan seal tape dan di gulungkan pada uliran tutup olinya. Namun ternyata hal ini tidak disarankan bahkan harus dihindari karena di khawatirkan ada sisa sisa seal tape yang lepas dan masuk ke bagian mesin motor pada saat mesin dihidupkan.

Demikian sob, tips ringan yang mungkin berguna terkait rembesan oli melalui tutup oli pada mesin motor.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s