Apakah Mesin All New PCX 150 Sama Dengan Vario 150? Berikut Penjelasannya

Anangcozz.com – Masbro, All new PCX 150 lokal sudah mulai banyak berseliweran di jalanan akhir akhir ini. Skutik premium Honda ini mengusung mesin baru berkapasitas 150cc dan tidak lagi 153cc seperti PCX lama. Namun ternyata mesin baru ini sering di samakan dengan mesin Vario 150 karena memiliki banyak kesamaan. Jadi apakah benar mesin PCX sama dengan mesin Vario 150?

Yang terlihat secara jelas memang dari bentuk dan desain head silinder PCX ini mirip dengan Vario 150 gan. Bahkan kalau kita lihat spesifikasinya, ukuran Bore x stroke, rasio kompresi, kapasitas silinder, 4 stroke, SOHC 2 klep, dan pendingin cairan, semuanya sama plek dengan Vario 150. Makanya banyak yang bilang kalau mesin PCX identik dengan Vario 150.

Eits….tapi tunggu dulu. Identik bukan berarti sama plek yaa. Ada beberapa komponen baik yang didalam mesin maupun di luar mesin yang berbeda dan mendapatkan penyempurnaan. Sehingga power output yang dihasilkan kedua mesin motor ini berbeda. PCX 150 lebih powerfull dan akselerasi lebih nampol dibandingkan Vario 150.

Yang sama dari mesin PCX 150 lokal dengan Vario 150

– Bore x Stroke 57,3 x 57,9 mm

– Kapasitas mesin 149,3 cc,

– Rasio kompresi 10,6:1.

– Konfigurasi mesin 1 silinder SOHC, 2 klep pendingin cairan.

Perbedaan mesin PCX 150 lokal dengan Vario 150

Tenaga dan Torsi mesin PCX yang lebih powerfull mengindikasikan bahwa ada beberapa komponen baru yang berbeda. Tenaga PCX 150 mencapai 14,5 dk di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm. Sedangkan tenaga Vario 150 hanya 12,5 dk dan torsi 12,8 Nm di 5.000 rpm.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor merincikan perbedaan kedua mesin tersebut.

“Kuncinya ada di optimalisasi desain intake, seting ECM, desain muffler (knalpot) dan perubahan CVT.”

Lebih detilnya ada beberapa komponen utama di kepala silinder meliputi piston, blok silinder hingga camshaft semua berbeda. Di area CVT, drive pulley, driven pulley, roller hingga belt semuanya juga berbeda. Bahkan hitungan final gear-nya pun beda.

Bahkan crank case kedua motor ini juga berbeda, bahkan radiator sampai part kecil seperti kipas radiator pun tidak sama.

Dan terakhir adalah komponen PGM-Fi nya mulai dari sudut intake dan jumlah lubang injeksinya.

Nah, banyak juga kan perbedaannya. Dari sini bisa di katakan basic mesinnya memang sama Masbro. Namun dengan banyaknya komponen part baru yang lebih advance jadi gak salah juga jika dikatakan mesin PCX ini adalah mesin baru. Karena dari perbedaan komponen mesin baru ini membuat rasa dan sensasi kedua mesin skutik ini pastinya berbeda…gak percaya? Coba dulu gan…😁

Sumber : Otomotifnet, MPM

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.