Final ITGP Yamaha 2018 Di Menangkan Oleh Teknisi Asal Jember

Anangcozz.com – Ardhi Sulistiyo, teknisi asal Jember, akhirnya sukses meraih podium juara pertama dalam ajang Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) 2018 yang bertempat di Flagship Shop Semarang, Jumat 6 Juli 2018. Ardhi mampu mengungguli poin lawan-lawannya dan berhak mewakili Indonesia di ajang World Technician Grand Prix (WTGP) 2018.

Final ITGP 2018 ini merupakan rangkaian kontes teknisi yang sudah dimulai dari seleksi awal pada bulan Maret lalu hingga tahap ITGP Regional yang dilaksanakan di Yamaha Training Center. Seluruh teknisi Yamaha se-Indonesia telah mengikuti ajang ini, hingga tersaring 26 teknisi terbaik yang berlaga di Final ini.

Para peserta Final ITGP harus melalui 2 tahap pengujian, yaitu Tes Pengukuran dan Perawatan Dasar Sepeda Motor, lalu Tes Perbaikan Sepeda Motor dan Komunikasi Konsumen. Metode pengujian dan alat yang digunakan menggunakan standar global Yamaha seperti di negara-negara lain. Yamaha Indonesia sudah sejak lama mewajibkan teknisinya menguasai peralatan modern untuk menghadapi perkembangan teknologi fuel injection dan keinginan konsumen.

Sejak 2016, Yamaha telah memperkenalkan “FI Ready Advance” yang merupakan layanan service terbaik bagi motor injeksi. Semua jaringan bengkel resmi juga sudah dilengkapi dengan Yamaha Diagnostic Tools (YDT) yang dapat menyimpan riwayat perawatan dari motor konsumen. Sejak saat itu para teknisi Yamaha terintegrasi dengan teknologi standar global Yamaha.

“Juara ITGP Nasional ini akan menjadi wakil Indonesia dalam World Technician Grand Prix (WTGP) di Jepang, Oktober 2018 nanti. Ini adalah kebanggan kita semua melihat wakil Indonesia ada di kompetisi teknisi Yamaha se-Dunia. Kita doakan bersama teknisi kita bisa mengharumkan lagi Merah Putih di kancah dunia, seperti rider kita, Galang Hendra Pratama yang sukses menjadi juara di WorldSSP300 Brno”, ujar M. Abidin, GM Aftersales & Motorsport YIMM.

SMK Kontes Nasional 2018

Selain ajang ITGP, di lokasi yang sama juga diadakan SMK kontes nasional 2018. Kontes bagi siswa-siswa SMK Binaan Yamaha ini diikuti oleh 47 SMK se-Indonesia yang telah memiliki “Kelas Khusus Yamaha”. Tahun ini merupakan gelaran ketiga kalinya, dan pada kesempatan yang sama juga dilakukan Peluncuran Kurikulum SMK Kelas Khusus Yamaha yang disaksikan oleh Saryadi selaku Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Direktorat Pembinaan SMK, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kontes SMK ini menggunakan metode pengujian standar Yamaha, sehingga diharapkan siswa yang berhasil menjuarai kontes ini pun kualitasnya sekelas teknisi Yamaha. Dari 47 siswa yang bertanding, Hendri Firmansyah dari SMK NU Ma’arif Kudus, berhasil mengumpulkan poin tertinggi dan keluar sebagai Juara Pertama Kontes SMK ini.

Digelarnya ITGP dan kontes SMK 2018 ditempat bersamaan adalah untuk memberikan motivasi kepada siswa SMK agar terus berjuang menjadi lebih baik. Teknisi Yamaha Indonesia yang sebagian besar juga lulusan SMK diharap jadi motivasi mereka untuk dapat terus mengembangkan diri agar nantinya bisa menjadi generasi baru di ITGP selanjutnya.

Berikut adalah para juara ITGP 2018 dan SMK Contest 2018:

Juara ITGP 2018:

Juara 1 – Ardhi Sulistiyo, Jember

Juara 2 – Hadi Suwarno, Ponorogo

Juara 3 – M. Arifin, Pekanbaru

Juara SMK Contest 2018:

Juara 1 – Hendri Firmansyah, SMK NU Ma’arif Kudus

Juara 2 – Eri Yudiswan, SMK Negeri 1 Percut Medan

Juara 3 – Mochammad Qoyyum, SMK Kertanegara Kediri

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*