BBM Jenis Pertamax Dan Premium Naik Mulai Hari Ini Gan!

Anangcozz.com – PT Pertamina (Persero) menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dan nonsubsidi, jenis Premium, Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non-PSO mulai Rabu (10/10/2018). Kenaikan harga ini berlaku di seluruh Indonesia mulai pukul 11.00 WIB untuk non subsidi. Sedangkan Premium baru diumumkan kenaikannya mulai pukul 18.00 WIB.

Penyesuaian harga BBM jenis Premium, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar nonsubsidi merupakan dampak dari kenaikan harga minyak mentah dunia yang saat ini rata-rata menembus USD 80 per barel.

Atas ketentuan tersebut, maka Pertamina menetapkan penyesuaian harga BBM non subsidi pukul 11.00. Sebagai contoh di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya,

– Pertamax Rp 10.400 per liter

– Pertamax Turbo Rp 12.250 per liter

– Pertamina Dex Rp 11.850 per liter

– Dexlite Rp 10.500 per liter, dan

– Biosolar subsidi Rp.9.800 per liter.

Sementara itu untuk BBM subsidi yang dinaikkan harganya adalah jenis Premium. Pemerintah secara resmi menaikkan harga jual BBM jenis Premium mulai pukul 18.00 WIB pada Rabu (10/10).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, harga Premium naik dari Rp 6.650 per liter menjadi Rp 7.000 per liter di area Jawa, Madura, dan Bali (Jamali). Sementara, Premium di luar Jamali naik dari Rp 6.450 menjadi Rp 6.900 per liter.

Jonan meyakini, kenaikan harga Premium tidak akan berdampak pada harga bahan pokok. Hal ini lantaran BBM jenis biodiesel subsidi atau biosolar.

“Biasanya kenaikan bahan pokok itu kalau solar naik, karena truk, bus besar, kereta api pakai solar, kapal laut gunakan solar, kalau transportasi publik tidak naik,” kata Jonan.

Sumber: Republika

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*