Tips Aman Dan Nyaman Berkendara Saat Hujan

Anangcozz.com – Memasuki musim hujan bulan ini membuat pengendara khususnya pengendara roda dua agar dapat mempersiapkan diri dan kelengkapannya agar bisa berkendara lebih nyaman dan aman. Instruktur Safety Riding MPM, Hari Setiawan memberikan beberapa tips berkendara saat musim hujan yang bisa kita terapkan sob. Diantaranya:

Pertama, cek kondisi motor. Sangat penting pada saat musim hujan kita harus mengecek kondisi motor seperti Lampu kendaraan, Klakson, Lampu Sein, Rem depan dan belakang, Ban depan dan belakang, Cob busi serta kelistrikan.

Kedua, bawalah perlengkapan berkendara seperti jas hujan. Ini berguna saat kita berkendara dalam kondisi hujan. Tidak hanya untuk melindungi tubuh dari hawa dingin karena air hujan tetapi juga apabila kita terjatuh. Selain jas hujan,pelerlengkapan lainnya yang wajib digunakan antara lain helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Pemilihan jas hujan juga mempengaruhi pada waktu berkendara. Jas hujan yang tepat yaitu modelnya seperti jaket dan celana, berwarna cerah, berbahan tebal, serta sesuai dengan ukuran. Pemilhan warna pada jas hujan bertujuan agar pengendara lain mudah melihat kita.

Membuat Road Plan

Selanjutnya hindari daerah banjir. Buatlah road plan perjalanan terlebih dahulu. Perlunya banyak rute saat kita berkendara sangatlah penting untuk menghindari area mana yang sering terjadi nya banjir. Dan pastikan tubuh kita dalam kondisi fit dan Prima. Untuk boncenger agar tetap menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm , jas hujan , jaket dan sepatu dikarenakan resiko bocengers sangat tinggi terjadinya kecelakaan.

“Pemilihan perlengkapan berkendara bisa membuat lebih fleksibel pada saat berkendara. Jaga jarak aman dengan pengendara lain karena pandangan terbatas. Serta lebih fokus dan sigap terhadap kondisi jalan. Misalnya jalan berlubang dan tergenang air. Meskipun kondisi hujan tetap Cari_Aman pada waktu berkendara.” Kata Hari Setiawan

Demikian sob, tips ringan saat musim hujan. Jaga stamina dan juga kondisi motor anda sebelum berkendara. Jangan lupa safety riding first….

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*