Starter Elektrik Motor Ngadat Belum Tentu Karena Akinya Tekor, Ternyata Ini Sebabnya Sob!

Anangcozz.com – Masbro, tak terasa sudah hampir 5 tahun Honda CB150R menemani setiap aktivitas ane sehari hari. Di usianya tersebut memang banyak suka duka yang telah kita lalui, tapi saya salut sekali karena CB150R ini gak pernah rewel, nyebelin banget atau lainnya. Kalau soal part rusak atau aus memang ada dan itu sangat wajar sekali misalnya lampu depan 2 kali dan belakang 1 kali, gear set 1 kali, dan ban 1 kali.

Kemudian akhir 2018 kemarin ganti as shock depan sepasang gara gara ada lecet sehingga harus ganti.

Itu beberapa part yang sudah diganti di CB150R ane. Dan yang mau ane curhatin kali ini adalah soal aki-nya sob. Jujur sejak pertama kali beli, aki motor belum pernah diganti. Dan tiba tiba beberapa minggu lalu, starter elektrik motor mulai ngadat dan bunyi cetek…cetek, dan mesin gak mau hidup. Dalam hati “wah akinya tekor nih…” 🤔

Gak lama kemudian saya ke AHASS ganti kampas rem sekalian tanya tanya ke mekanik tentang keluhan tadi. Setelah bertanya ke mekanik, diagnosa nya aki motor kemungkinan tekor, namun sang mekanik belum sampai mengecek kondisi akinya. Selesai ganti kampas, dan tanya harga aki di AHASS, ane pulang. Rencananya sih mau beli aki di luar AHASS, barangkali harganya lebih murah wkwkwk😅.

Nah, kemarin setelah 3 minggu capek ngetrap terus (engkol pakai kaki), mumpung ada anggaran lebih ane ke toko aki tanya harga aki buat CB150R. Setelah oKe…lanjut sang mekanik melepas aki motor saya lalu mengeceknya.

Setelah di cek, Lha kok ndilalah ternyata kata sang mekanik toko, Aki motor saya masih sehat. Lha terus kok gak bisa di starter tangan?? 🤔

Kata mekanik tokonya kemungkinan brostel starternya aus. (Bostel apa Brostel ya yang benar namanya??) Sempat dicoba juga menggunakan aki baru, ternyata hasilnya juga sama, cuma cetek cetek, mesin gak mau hidup. Oalahh….akhirnya sang mekanik toko nyaranin dibawa ke bengkel aja dulu untuk cek brostel nya atau nama kerennya brush terminal set. Langsung aja ane berangkat ke AHASS lagi gan, AHASS Segoromadu langganan saya di daerah Sedati, Surabaya.

Di AHASS, saya jelaskan keluhan starternya dan ceritakan kalau sudah cek aki dan ternyata aki masih sehat. Diagnosa mekanik AHASS ternyata sama yakni bostel arang di dinamo starter yang aus. Dan setelah di cek ternyata benar,…bostelnya sudah aus dan harus ganti brooh. Ini penampakannya, bostel tersisa hanya setengahnya saja.

Setelah diganti bostel nya, alhamdulillah sakitnya sembuh masbro…😇

“Iya mas, bostel nya sudah tipis, harus ganti. Melihat umur motornya sih wajar Mas, karena motor saya sendiri 3 tahun ganti bostel nya.” Kata mekanik AHASS nya curhat motornya.

Oke gaes…, dari pengalaman ini bisa ane simpulkan bahwa ‘starter ngadat belum tentu berasal dari masalah aki tekor, tapi bisa juga karena bostel starter yang aus’.

Lumayan, ternyata harga bostelnya terjangkau yakni Rp 21.000 saja plus ongkos pasang Rp 30.000. Lebih hemat daripada beli Aki baru hehehe. Dan alhamdulillah akhirnya sekarang gak senam kaki kanan lagi deh…wkwkkw. 😁😁

Oke masbro, demikian cerita singkat saya bersama CB150R generasi pertama saya. Semoga berguna gaes.

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang dari desa Lebak Harjo. Bekerja sehari hari sebagai karyawan perusahaan percetakan di surabaya. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle.. :mrgreen: monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata, dunia maya maupun dunia gaib...auuuuu hehehe. Sobat2 sekalian jika ada kritik dan saran yang membangun, informasi bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.