Hari Ketiga Fun Touring And Gathering Blogger Vlogger Jatim, Explore Taman Wisata Gunung Batur

Anangcozz.com – Halo gaes, tak terasa sudah dua hari berlalu kita menjelajahi beberapa obyek wisata di pulau Dewata ini. Pulau yang disebut juga sebagai The Last Paradise ini memang memiliki obyek wisata yang mengagumkan dan adat budaya masyarakatnya yang masih kental.

Jika kita flashback kembali perjalanan kita sebelumnya, kita sudah mengunjungi Wisata watersport Tamansari di Pantai Benoa, Uluwatu Temple dengan kesenian Tari Kecak dan Fire Dance nya di hari pertama. Kemudian dilanjutkan turing menggunakan Honda PCX ke Tanah Lot, D’tukad River Club, Jalan Tol Mandara di teluk Benoa dan pusat oleh oleh khas Bali yakni Khrisna.

Memasuki hari ketiga, kita sudah tak sabar lagi untuk kembali menjelajahi keindahan alam dan budaya Bali. Kali ini kita akan sedikit bergeser ke Utara, yakni ke taman wisata Gunung Batur di daerah Kintamani. Disana ada Museum Geopark, Black Lava dan pemandian air hangat di Batur Natural Hot Spring.

Berangkat pukul 8.00 WITA dengan menggunakan mobil travel, rombongan langsung bergegas usai sarapan terakhir di Hotel Alea Seminyak. Perjalanan ke taman wisata Kintamani menempuh jarak sekitar 61 km. Uniknya, sepanjang jalanan menuju ke Utara ini konturnya sedikit menanjak, bahkan hampir tidak ada jalan yang melandai. Di sebelah kiri kanan jalan kita melewati beberapa desa yang perkebunan jeruk yang kebetulan sudah mulai masa panen dan areanya yang cukup luas.

Memasuki kawasan wisata Kintamani, terlihat gunung Batur yang menjulang tinggi dengan lembah berwarna hitam disekitar lerengnya dilihat dari arah bukit. Saya mengira itu karena bayangan awan yang berada diatasnya, ternyata salah gaes….itu adalah black lava. Yakni lava pijar yang meleleh dan terbakar ketika terjadi letusan gunung Batur. Kini black lava menjadi obyek wisata favorit di sana.

Sebelum turun ke lokasi black lava, kita turun dulu di Museum Geopark. Di museum ini kita menjadi banyak tahu tentang Gunung Batur ini, mulai dari geografisnya, jenis tanah, bebatuan, hewan dan segala kehidupan disekitar area Gunung. Museum gunung Batur ini sangat cocok untuk studi wisata sekolah untuk menambah wawasan kepada siswa sekolah.

Puas berkeliling di museum Geopark, kita sudah ditunggu 4 mobil VW yang sudah siap mengantarkan kita melewati Black Lava. Mobil VW memang khusus untuk mengantarkan wisatawan yang ingin melihat Black Lava dari dekat. Mobil ini sudah di modifikasi agar mampu melewati jalanan berbatu di Black Lava ini. Rombongan berhenti sejenak ketika di tengah tengah Black Lava. Kita mengabadikan momen sebentar, kemudian melanjutkan lagi perjalanan.

Black Lava ini merupakan bekas lahar lava yang terbakar sehingga berwarna hitam. Tidak ada tanaman disekitarnya, kecuali tanaman Kayu Putih yang mampu bertahan hidup. Tanaman ini mulai di tanam di sela sela bebatuan.

Setelah melewati Black Lava, kita semakin dekat dengan danau yang berada di lembah Gunung Batur. Di pinggir danau tersebut ada pemandian air hangat yang cukup terkenal yakni Batur Natural Hot Spring. Dipercaya air hangat bisa menjadi terapi kesehatan. Dan air hangatnya adalah murni dari dalam bumi gaes…

Waktu udah menunjukkan pukul 11.00 WITA, kita makan siang dulu di lokasi. Saya bersama rekan rekan lainnya akhirnya bisa berendam di air hangat ini. Ada beberapa kolam yang tersedia, mulai dari yang agak tinggi, kemudian ke bawah hingga ke bibir danau. Semakin ke bawah dan mendekati danau, suhu airnya semakin dingin.

Akhirnya, pukul 14.00 kita cabut dari pemandian gaes. Perjalanan belum usai…kita singgah dulu di Caldera Cafe yang terletak di bukit. Dari sana kita bisa ngopi sambil menikmati pemandangan alam yang mempesona dengan background gunung Batur dan Danaunya.

Pukul 15.00, kita kembali lagi ke mobil travel dan bergegas mengakhiri petualangan kita hari ini menuju ke Bandara I Gusti Ngurah Rai. Berat rasanya memang meninggalkan Bali, karena eksotisnya kekayaan budaya dan alamnya. Semoga saja di lain kesempatan kita bisa kesana lagi dengan agenda baru yang lebih seru dan menantang.

#Dirgahayu Republik Indonesia yang Ke 74…semoga semakin jaya. Damai negeriku, semakin dewasa dan menjadi bangsa yang besar.

Terima kasih MPM Honda Jatim, selaku distributor sepeda motor Honda untuk wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur yang sudah menggelar acara turing kemerdekaan ini. Terima kasih juga kepada MPM Insurance, “asuransi motor cash yang lebih mudah didapat” atas dukungannya selama acara berlangsung.