Makin Canggih, Teknologi MotoGP Di Sematkan Pada Honda CBR1000RR-R

Anangcozz.com – Halo gaes…Honda bikin kejutan di akhir tahun ini dengan merilis Honda CBR1000RR-R Fireblade di EICMA, Italia. Triple R di belakang namanya bukanlah sekedar nama aja, tapi Honda memang ingin menegaskan bahwa motor ini memang lebih beringas dan banyak kelebihan ketimbang versi sebelumnya.

Tidak hanya penampilannya yang makin agresif, jeroan mesin dan aerodinamika motor pun mendapatkan update signifikan yang terinspirasi dari motor MotoGP mereka. Maka tak berlebihan jika Honda memberikan tagline “Born To Race”, yang menegaskan bahwa motor ini siap di geber di sirkuit.

Update Aerodinamika

Fairingnya dari samping kini lebih mirip dengan fairing RC213V. Disematkan juga build in winglet dengan tiga sirip untuk membantu downforce saat pengereman. Di bagian depan tengah ada lubang A air ram cukup besar yang mengarahkan angin langsung ke kotak udara berfungsi untuk membantu sistem pembakaran pada mesin. Swingarm kini juga lebih panjang sehingga sumbu roda pun lebih panjang untuk kestabilan dan desainnya mirip dengan RC213V.

Update Mesin

Jeroan mesin menjadi update yang paling penting yang dilakukan Honda. Pasalnya piston yang dipakai CBR1000RR-R ini sama dengan yang dipakai RC213V baik dari bahan (forged) dan juga ukuran. Ukuran bore x stroke nya kini menjadi 81mm x 44mm menjadikan mesinnya berkarakter short-stroke. Maka tak heran jika powernya pun bisa meningkat menjadi 215HP pada 14.500 rpm atau naik 22HP dari versi sebelumnya yang cuma mampu meraung pada 13.000 rpm…Garang tenan cak!!

Note: Mesin CBR1000RR-R masih inline 4 cak ya, bukan V4 kayak RC213V. Hanya part mesin dan konfigurasi bore x stroke nya yang di samakan seperti uraian diatas.

Mesin baru juga di dukung dengan desain sistem pembuangan yang lebih baik. Honda bekerja sama dengan Akrapovic mendesain Muffler untuk CBR1000RR-R ini. Dimensinya lebih panjang dengan corong menjulang keatas.

Suspensi menggunakan Suspensi semi-otomatis Ohlins depan belakang dan rem radial Brembo untuk tipe SP. Sedangkan yang standar (warna hitam) menggunakan suspensi Showa dan rem radial Nissin.

Sistem Elektronik standar seperti throtle by wire (TBW), dan Six-axial inertial measurement unit (IMU) menjadi dasar dari fitur control traction (HSTC), start mode, anti wheelie, engine brake control dll. Semua informasi tersebut tersaji pada penel meter baru yang lebih canggih dan tampilan full color yang informatif.

Nah, itu dia gaes beberapa keunggulan dari Honda CBR1000RR-R 2020. Kabarnya dua pembalap baru Honda yakni Alvaro Bautista dan Leon Haslam siap bertarung di World Superbike tahun depan dengan motor baru ini….joozzz. Penasaran nih lihat performanya nanti di WSBK, mampukah Honda kembali bersaing di barisan depan melawan Kawasaki dan Ducati yang superior di kelas ini.

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.