Daily Test Dengan Honda ADV150, Gredek Gak Sih? Ini Jawabannya Masbro!

Anangcozz.com – Halo gaes, masih ingat gak berita yang cukup viral menjelang akhir tahun 2019 kemarin? Yap, berawal dari petisi yang ditujukan kepada AHM agar me-recall si ADV karena penyakit gredek. Dari situlah akhirnya isu gredek Honda ADV150 di angkat dan menjadi pembahasan masif di media dan blog tanah air. Ya meskipun akhirnya petisi tersebut sudah di cabut karena cuma di ikuti segelintir orang saja, tentunya hal tersebut masih menyisakan pertanyaan yang bikin penasaran kita, apakah benar Honda ADV150 terjangkiti penyakit gredek gredek??

Jawabannya adalah tidak benar. Hal ini bukan cuma sekedar opini pribadi atau teori saja, tapi saya sudah membuktikannya beberapa waktu lalu, tepatnya pada saat HBD Jatimotoblog di Sidoarjo -Maaf, artikelnya telat dan baru publish sekarang😁😁- Waktu itu, saya mendapatkan pinjaman unit Honda ADV150 dari MPM Honda Jatim (Distributor Sepeda Motor Jawa Timur) selama 3 hari. Pucuk dicinta ulam tiba,….saat lagi viral berita gredek, eh dapat unit pinjaman buat daily test, mantul deh hehe.

√ Riding Bersama ADV150 di HBD Jatimotoblog 2019

Selama 3 hari itu, 2 harinya saya habiskan banyak waktu bersama si ADV150 buat city touring keliling Surabaya baik sendirian maupun boncengan. Jadi saya sangat merasakan betul bagaimana impresi saat mengendarai Honda ADV150 ini, termasuk terasa tidaknya penyakit gredek yang menjadi fokus perhatian konsumen saat ini.

Dan hasilnya, saya memang tidak merasakan gredek di ADV150 ini sama sekali sejak pertama kali ane ambil unitnya sob. Tarikan mesinnya smooth banget dari bawah sampai atasnya dan tidak ada kendala apapun. Dan ini bertolak belakang dengan petisi yang bikin heboh waktu itu…lha kok sampai ada gredek itu dari mana ceritanya? Ini kan aneh, apalagi tidak berselang lama kemudian petisinya ternyata sudah dicabut. Hehe.

Apa Sih Gredek itu?

FYI, mungkin ada sobat disini ada yang bingung apa sih gredek itu? Jadi, masalah gredek itu adalah getaran berlebih yang terasa pada mesin saat rpm rendah atau pada saat kita pertama menarik gas motor. Gejalanya terasa cuma pada saat awal akselerasi saja, begitu rpm sudah naik dan stabil maka efek gredek tadi tidak terasa lagi. Masalah gredek memang pernah menjangkiti beberapa produk skutik Honda lain yang berkapasitas 150cc seperti Vario 150 dan PCX. Tapi masalah itu sudah lama. Entah sekarang sudah teratasi apa belum. Tapi jika melihat basic mesinnya yang sama dengan ADV150 (khususnya PCX), tidak menutup kemungkinan masalah gredek juga sudah diatasi.

AHM sendiri dalam realese-nya menjamin bahwa ADV150 bebas gredek. Ada penyempurnaan terutama pada bagian mangkuk kampas gandanya yang sudah di balancing. Sehingga efeknya bisa mengurangi gredek pada mesin ADV150.

Video

Kesimpulan

Jadi, dari daily test yang telah saya lakukan menggunakan Honda ADV150 selama 3 hari, tidak menemukan adanya gejala gredek lagi di ADV150. Mungkin terlalu dini juga menyimpulkan hal ini dengan jangka waktu cuma 3 hari. Nah, kalau dipakai sebulan, dua bulan atau lebih bagaimana?? Nah ini yang perlu kita gali lagi. Mungkin sobat disini ada owner ADV150 yang sudah lama pakai…bisa di tulis pengalamannya di komentar yak😁

Dan se-pendek yang saya ketahui, kebiasaan AHM dalam mengatasi masalah di produknya selama ini, mereka tidak langsung melakukan recall secara keseluruhan. Tapi biasanya AHM baru akan melakukan perbaikan atau penggantian jika ada pengajuan klaim langsung dari konsumen. Jadi kalau memang ada keluhan atau masalah gredek pada ADV150 atau motor Honda lainnya, saya sarankan langsung KLAIM aja melalui online via Honda Care atau langsung ke Diler Honda tempat membeli motor tersebut.

Honda ADV150 skutik Honda baru yang bergaya adventure ini memang menjadi idola baru sejak diluncurkan pertengahan 2019 lalu. Desainnya yang manly dengan gaya adventurenya, memang membuat nyali tertantang untuk berpetualang….hehehe.

Demikian sob, sedikit informasi terkait isu gredek ADV150. Semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

19 tanggapan untuk “Daily Test Dengan Honda ADV150, Gredek Gak Sih? Ini Jawabannya Masbro!”

  1. Seiring pemakaian, gredeknya di area cvt lek. . . .klo dari obrolan karena canvas kopling matiknya tidak menggigit sepurna pada area mangkok, solusinya sih simpel tinggal mengganti canvas koplingnya lek.

  2. Semua unit test yg ane pake juga sama gak ngalamin gredek, tapi anehnya di motor sendiri si Linea malah sempat ngalami di kilometer 60-600km awal, setelah itu hilang

    Skrg feel gredek itu kadang masih muncul namun udah tau cara siasatinnya dan overall secara pemakaian total gak terlalu mempermasalahkan gredek ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.