Antara Honda Genio 110 dan Scoopy, Pilih Mana?

Anangcozz.com – Halo gaes…Honda memiliki dua skutik yang memiliki kemiripan dari segi konsep desainnya, yakni Honda Genio dan Scoopy. Meski demikian, keduanya juga memiliki lumayan banyak perbedaan pada detail fisiknya yang membuat skutik ini memiliki gaya yang berbeda dan juga teknologi yang di sematkan.

Beda Gaya
Honda Genio lebih bergaya sporty casual, dan kesannya lebih simple. Sedangkan Honda Scoopy lebih nyentrik gayanya dan stylish. Penyematan velg ban 12 inch pada Scoopy turut menjadi andil mendongkrak tampilannya menjadi lebih imut. Sementara Genio cukup elegan dengan ring 14 inch seperti skutik pada umumnya. Perbedaan ukuran velg ini, menurut saya secara visual memang lebih keren velg 12 inch, tapi ring 14 inch memiliki kenyamanan yang lebih oke saat melibas jalanan agak kurang rata.

Beda Teknologi
Honda Genio sudah dibekali dengan teknologi mesin dan rangka generasi terbaru untuk skutik entry level Honda. Mesinnya 110cc dengan dimensi lebih kompak dan konfigurasi mesinnya overstroke yakni ukuran stroke nya lebih panjang. Mesin baru ini kapasitas oli mesin lebih sedikit yakni cuma 650ml. Kemudian dengan mesin yang overstroke, maka karakter mesinnya pun lebih kuat di torsi atau tarikannya lebih mantab.

Sedangkan Honda Scoopy masih mengandalkan teknologi mesin dan rangka lawas. Mesin 110cc dengan ukuran bore x stroke hampir sama atau biasa di sebut Square Engine. Mesin ini di gunakan oleh kebanyakan motor skutik Honda yang karakter mesinnya ini lebih merata antara torsi dan powernya.

Kemudian, Honda Genio menggunakan rangka model baru yakni eSAF (enhance smart architecture frame). Rangka ini di buat dari plat baja yang di press kemudian di las dengan laser welding. Jadi lebih mirip kayak proses pembuatan rangka mobil. Sehingga bentuk rangkanya menjadi pipih dan tidak banyak sambungan. Honda mengklaim rangka ini lebih kaku dan kokoh tapi bobotnya lebih ringan.

Sedangkan rangka Honda Scoopy masih menggunakan rangka besi Tubular yang berbentuk tabung dan bobotnya pun lebih berat.

Satu lagi keunggulan dari rangka eSAF pada Genio adalah posisi engine mounting yang berpindah di atas mesin. Ini membuat ground clearance nya lebih tinggi sehingga lebih aman saat melewati jalanan gak rata.

Fitur
Sementara untuk fitur, Honda Genio dan Scoopy tidak banyak perbedaan terutama fitur Honda Smart Technology nya seperti ISS, ACG starter, side stand switch, dan lock brake. Keduanya juga sudah dilengkapi power charger.

Tetapi ada beberapa fitur yang memang menjadi keunggulan dari Honda Scoopy atas Genio seperti key shutter sudah dilengkapi alarm dan answer back system, kemudian kapasitas bagasi yang lebih luas yakni 18 liter bisa muat gel half face.

Honda Genio unggul di kapasitas tangki BBM nya yang lebih besar yakni 4,2 liter (Scoopy : 3,8 liter). Spedometer Genio juga sudah full digital meskipun sangat sederhana.

Harga
Honda Genio dan Scoopy memiliki harga yang tidak terpaut jauh. Di Jatim, Honda Genio di banderol dengan harga 19 jutaan dan Scoopy di harga 20 jutaan. Selisihnya gak jauh cuma 1 jutaan saja.

Kesimpulan
Dua skutik Honda ini bisa dibilang saling mengisi satu sama lainnya. Honda Genio menyasar kalangan muda dan dewasa yang ingin tampil casual, nyaman dan simple. Sementara Honda Scoopy untuk mereka yang ingin tampil menonjol dan stylish, makanya tak heran jika konsumennya kebanyakan dari remaja dan anak muda.
Disisi performa, keduanya tidak banyak perbedaan. Cuma kalau dilihat dari sisi teknologi, Honda Genio memang lebih update ketimbang Scoopy.
Hmmm…kira kira Honda Scoopy akan segera dapat update juga gak ya?

Video Komparasi

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

8 tanggapan untuk “Antara Honda Genio 110 dan Scoopy, Pilih Mana?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.