Tips Menghadapi Lubang di Jalan Saat Naik Motor

Foto: metrojambi

Anangcozz.com – Assalamualaikum sobat, musim penghujan masih terus mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Akibatnya banyak jalanan beraspal yang sebelumnya masih terlihat mulus, mulai muncul lubang lubang kecil, menengah sampai yang berukuran besar. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan terutama sepeda motor. Untuk itu, perlu kehati hatian saat berkendara apalagi dengan kecepatan tinggi.

Berikut ini ada beberapa tips berkendara saat menghadapi lubang di jalan yang tidak mungkin lagi bisa dihindari.
1. Pastikan posisi tubuh saat berkendara sudah benar dan kedua tangan menggenggam penuh setang motor tapi siku tetap membentuk sudut agar lebih rileks untuk menjaga kestabilan.
2. Kurangi kecepatan sebisa mungkin, -gunakan teknik pengereman yang benar- sebelum roda depan melewati lubang.
3. Jangan mengerem ketika roda sudah masuk lubang, karena itu berbahaya. Tetap biarkan roda berputar saat melewati lubang. Hal ini untuk mengurangi tekanan pada ban dan mengurangi resiko ban pecah, velg atau suspensi patah atau mleyot.
4. Posisi tubuh saat melewati lubang dengan mengangkat sedikit (maaf: pantat) saat roda sudah masuk ke lubang.

Beberapa hal yang harus di hindari saat saat menghadapi lubang diantaranya:
– Jangan merubah posisi jalur motor secara mendadak untuk menghindari lubang, karena di khawatirkan ada kendaraan lain yang lewat di jalur samping kita dengan kencang.
– Jangan panik.

Nah, itu dia sob beberapa tips saat motor menghajar lubang jalan. Jangan lupa berdoa sebelum beraktivitas.

√ Tips ini disampaikan oleh mas Dimas Satria, selaku instruktur safety riding MPM Honda Jatim.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.