Perbandingan Rangka eSAF Dengan Rangka Lama Di Honda BeAT

Berikut ini adalah perbedaan konstruksi rangka utama Honda beAT 2020 yang menggunakan rangka eSAF dan rangka Honda BeAT lama.

Anangcozz.com – Assalamu’alaikum sobat, All New Honda BeAT 2020 mengusung rangka jenis baru eSAF yang berbeda dengan sebelumnya. Perbedaannya mulai dari konstruksi dan bahan dasar yang di gunakan sehingga menghasilkan sensasi yang berbeda.

Rangka baru eSAF menggunakan bahan dasar plat baja yang di press kemudian di las dengan laser (laser welding). Sehingga konstruksinya terlihat lebih minim komponen sambungan, karakternya lebih kaku, lebih ringan dan minim sambungan las. Sementara rangka lama menggunakan rangka model pipa besi dengan lebih banyak sambungan las dan sub frame yang membuatnya lebih berat.

Perhatikan gambar berikut ini.

Pada eSAF konstruksinya lebih simple, terdapat 2 plat baja yang merupakan rangka utama dari belakang hingga ke dek bawah langsung tersambung dengan rangka utama tunggal di bagian depan. Sedangkan rangka pipa besi model lawas sambungan antara pipa tunggal dan rangka belakang berada di dek bawah bagian belakang tepat di depan rongga mesin. Kemudian di kedua sisi pipa tunggal yang berada di dek bawah terdapat sub frame yang fungsinya untuk kestabilan dan menopang dek bawah motor dan footstep boncenger.

Nah, itu dia sob perbedaan antara rangka eSAF yang saat ini sudah di terapkan pada Honda Genio dan BeAT. Sepertinya, produk Honda -terutama matik- ke depannya bakal mengusung rangka eSAF ini sob. Karena selain dari segi konstruksinya yang simple, minim komponen tambahan (subframe) dan kokoh, rangka eSAF ini lebih ringan.
Demikian, semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.