Tes Honda Genio Di Pakai Melibas Tanjakan, Kuat?

Anangcozz.com – Assalamu’alaikum sobat, sejak di luncurkan setahun lalu, Honda Genio kini sudah banyak berkeliaran di jalanan. Namun di perjalanannya, si Genio ini tidak terlepas dari beberapa perbincangan netizen. Salah satunya adalah terkait performanya saat di tanjakan sob. Ada yang bilang Genio ini gak kuat nanjak?? Benarkah demikian?

Nah, di artikel ini saya yang sudah biasa naik turun tanjakan bersama Genio dan sudah menjadi motor harian saya ini, saya mencoba memberikan jawabannya sob.

Jadi, secara teknis Honda Genio 110 ini membawa mesin 110 CC generasi terbaru. Mesin ini lebih berkarakter overstroke dengan panjang bore x stroke : x 63 mm. Karakternya tentu sangat beda dengan mesin 110cc motor Honda lainnya yang oversquare (perbandingan panjang bore stroke nya hampir sama).

Karakter mesin Genio ini lebih kuat di putaran awal sob atau akselerasinya lebih bagus. Cuma kelemahan mesin overstroke ini biasanya memang agak kurang di putaran menengah atasnya.

So, menurut saya, kemungkinan itulah yang menyebabkan Honda Genio ini kurang greget saat di ajak menanjak. Honda memang mendesain Genio ini kuat di akselerasi sehingga lebih lincah dan gesit di jalanan perkotaan yang ramai dan stop n go. Artinya Honda Genio ini memang bagus untuk komuter sob…

Tapi bukan berarti Honda Genio ini gak kuat nanjak sob ya,…di tempat tinggal saya yang naik turun bukit, si Genio ini sudah biasa saya ajak melibas tanjakan. Memang agak sedikit turun sih performanya saat di tanjakan, tapi Honda Genio ini masih kuat kok buat mengatasi tanjakan.

Rahasianya, secara teknis saya kurang tahu, tapi saya merasa ada tenaga tambahan saat kecepatan motor mulai drop di bawah 20kpj. Ada dorongan tambahan yang membuat kecepatan motor berangsur angsur naik saat menanjak. Mungkin itu dari settingan ECU nya sob ya…saya kurang tahu. Barangkali yang paham masalah teknis, bisa kasih masukan di komentar ya…hehe.

Lebih lengkapnya sampeyan bisa lihat video saya berikut ini.

Video lainnya

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.