Warna Mobil Dan Pengaruhnya Bagi Keselamatan Berkendara, Cekidot Gaes!

Tahu gak teman2, kalau ternyata warna mobil itu bisa mempengaruhi keamanan dan keselamatan penumpangnya? Berikut ini penjelasannya sob.

Anangcozz.com – Assalamu’alaikum sobat, semakin berkembangnya teknologi di sektor transportasi saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa para produsen berlomba-lomba untuk menyajikan berbagai fitur canggih dan futuristik untuk produk mereka namun tanpa meninggalkan nilai keamanan bagi pengendaranya.

Biasanya mobil yang selesai diproduksi akan melalui pengujian layak jalan dan tabrakan dengan beberapa sampel. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi keamanan dan keselamatan bagi pengendara mobil dan penumpangnya, salah satunya adalah warna mobil itu sendiri.

Jika menilik statistik yang dilansir dari carloans.com, warna mobil yang memiliki tingkat resiko kecelakaan lalu lintas tertinggi adalah warna hitam. Hal ini mungkin saja terjadi karena warna hitam sangat samar ketika malam hari dan di jalanan pun warna hitam banyak menyerupai objek lalu lintas lainnya seperti aspal, tembok pembatas jalan dan lain-lain.

Nah berikut adalah daftar jenis-jenis warna mobil dan tingkat keselamatannya.

Warna mobil putih
Berdasarkan data yang ada, mobil dengan warna putih adalah mobil yang paling banyak diminati para pengguna mobil. Warna putih menjadi warna yang paling aman dibandingkan warna lainnya, hal tersebut dikarenakan warna putih sangat kontras dengan objek lalu lintas di jalan dan masih bisa kelihatan walaupun pada malam hari atau di tempat yang minim cahaya.

Namun warna putih juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu kotoran, debu dan cipratan air akan sangat jelas kelihatan. Jika Anda memutuskan untuk memiliki mobil yang berwarna putih, berarti Anda harus siap untuk mencucinya secara berkala.

Warna mobil kuning
Pernahkah Anda menyadari mengapa taxi di luar negeri banyak menggunakan warna kuning? Alasannya cukup masuk akal, warna kuning pada mobil membuatnya masih terlihat jelas di jalanan meskipun sedang hujan lebat atau turun kabut.

Warna kuning juga sangat kontras dengan objek lalu lintas lainnya. Hal ini membuat warna kuning menjadi salah satu warna mobil yang paling aman.

Warna mobil hijau
Banyak sekali objek di jalanan yang berwarna Hijau, seperti rumput, daun pohon, beberapa rambu lalu lintas hingga lampu lalu lintas.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil yang berwarna hijau memang terang dan sangat eye-catching saat melenggang di jalanan. Namun begitu, warna ini tergolong warna mobil yang kurang aman, karena warnanya yang menyerupai beberapa objek di jalanan sehingga akan sedikit mengaburkan pandangan pengguna jalan yang lain.

Warna mobil merah
Warna mobil merah memang mudah diamati di keramaian kota, akan tetapi perlu Anda ingat bahwa warna merah sudah banyak dipakai untuk rambu-rambu lalu lintas hingga warna lampu lalu lintas pun berwarna merah.

Dalam hal ini, keuntungan mobil yang berwarna merah adalah masih jelas terlihat di bawah guyuran hujan deras dan lebatnya kabut. Namun kembali lagi, saat malam hari warna merah akan samar kelihatannya.

Warna mobil biru
Nah yang terakhir adalah warna biru. Sudah bisa kita tebak kalau warna biru memiliki tingkat keamanan yang rendah, apalagi warna dark dan dipadukan dengan warna hitam. Hal tersebut malah akan membuatnya semakin samar kelihatan di jalanan dan di malam hari yang minim cahaya.

Nah itulah jenis-jenis warna mobil dan hubungannya dengan keselamatan. Namun pilihan kembali kepada Anda, pemilihan warna mobil kembali pada selera seseorang. Dan juga tidak melulu warna mobil berhubungan erat dengan keamanan dan keselamatan berkendara.

Biasakan diri untuk selalu berkendara sesuai dengan aturan dan protokol keselamatan yang tepat. Jangan lupa untuk menambahkan layanan asuransi kendaraan serta berbagai fitur perluasan lainnya agar dapat memberikan proteksi terhadap diri sendiri dan juga kendaraan.

Demikian sobat, semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.