Tips Naik Motor Trail Bagi Pemula Ala YRA

Anangcozz.com – Assalamualaikum sobat, berpetualang menggunakan motor off road memang berbeda sensasinya dibandingkan motor jenis on road. Lebih banyak tantangannya dan butuh skill lebih pengendaranya. Nah, untuk pemula perlu mengetahui trik-trik dasar bermain motor off-road ini.

Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan beberapa tips awal saat ingin berkendara dengan Yamaha WR155. Motor dual purpose terbaru dari Yamaha yang memiliki kapasitas mesin dan bobot yang ringan cocok untuk pemula. Tips ini ditujukan buat pemula yang tertarik mencoba motor trail.

1. Saat akan naik motor

Posisi pengendara di sebelah kiri motor karena lebih memudahkan, lalu melepaskan standar samping.
Posisikan setang dibelokkan ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.

2. Saat akan berhenti

Saat berhenti pastikan di tanah rata atau gundukan supaya menjaga keseimbangan motor. Posisi motor pada gigi 1 dan tuas kopling ditarik agar mesin motor tidak mati sehingga memudahkan untuk menjalankan motor kembali.

Gunakan kaki kiri untuk menapak ke jalan saat akan berhenti dan motor jalan kembali.

3. Saat akan turun

Gunakan gigi 1 di jalan tidak rata agar motor tidak bergerak, netral kan gigi di jalan rata. Matikan mesin motor.

Setang dibelokkan ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak. Pengendara turun ke sebelah kiri motor.

4. Saat belok

Arah pandangan ke arah tujuan berikutnya supaya fokus ke jalur yang akan dituju dan mengetahui kondisi di jalur tersebut.

Atur power motor dengan pengoperasian gas yang halus agar ban tidak selip. Posisi badan melawan kemiringan motor (lean out) dan duduk agak maju agar mudah memegang handle.

Posisi kaki mendekap tangki motor (bagian luar tikungan) dan bagian kaki lainnya (bagian dalam tikungan) diluruskan agar keseimbangan motor tetap terjaga.

Jika belum mengenal jalur dengan baik, gunakan kecepatan rendah agar lebih aman.

Demikian tips awal mengendarai WR 155 R saat akan naik motor itu, ketika akan berhenti serta turun dari motor dan berbelok. Jika dapat menerapkan dengan benar maka selanjutnya akan lebih piawai lagi untuk enjoy riding motor ini di segala medan.

5. Jatuh

Adapun jika terjatuh dari motor, pengendara dapat melepaskan motor jangan ditahan.

Lalu sebaiknya menunggu teman atau orang lain yang dapat membantu mendirikan kembali motor, lakukan pengecekan kembali kondisi motor sebelum melanjutkan berkendara.

Tidak disarankan melakukan aktivitas terabas sendirian untuk menghindari bahaya misalnya motor jatuh dan cedera.

Demikian sobat, semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.