Jangan Emosi Saat Berkendara, Ini Tips nya Biar Adem!

Assalamu’alaikum sobat anangcozz.com – Emosi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindarkan dari manusia. Emosi merupakan sebuah luapan perasaan akibat adanya respon atas suatu kejadian. Emosi inilah yang menentukan perasaan senang, sedih, cemas, dan marah. Jadi, kalau ada yang bilang bahwa emosi sama dengan marah, itu salah sob.

Bagi pengendara motor emosi dapat sangat berbahaya, karena perasaan marah dan cemas akan membubarkan konsentrasi ketika mengemudi dan bisa membahayakan diri sendiri atau orang lain. Terkadang, hati sudah senang dan bahagia, tapi ada pengguna jalan lain yang membuat kita kesal karena perilaku mereka. Rasa kesal ini juga pada akhirnya bisa membahayakan diri kita sendiri.

Berikut ini PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha Jatim) telah merangkum tips cara mengatur emosi ketika berkendara supaya selamat sampai tujuan. Cara-cara ini disampaikan oleh pakar emosi yakni Dimas Alwin yang menjadi bintang tamu di acara Live Ngobras Yamaha Friends pada Kamis lalu.

1. Sediakan me time (waktu menyendiri)
Ketika sudah merasakan emosi negatif seperti kesal dan marah, maka pengendara harus berhenti terlebih dahulu. Menyendiri sambil menenangkan pikiran dan hati.

2. Bercerita dengan orang lain
Ada sebagian orang yang harus meluapkan kesalnya baik secara verbal maupun non verbal. Seperti menelpon teman atau bercerita kepada orang yang dibonceng. Jika sedang berkendara sendiri, menepi lah untuk menghubungi orang terdekat.

3. Relaksasi atau meditasi
Ketika benar-benar kesal dan marah maka ada baiknya melakukan relaksasi. Seperti mampir ke minimarket terdekat membeli makanan atau minuman favorit untuk memperbaiki mood sambil melakukan tarikan nafas teratur ala meditasi secara perlahan-lahan hingga memunculkan emosi positif.

4. Beribadah
Ibadah adalah salah satu cara yang mujarab dalam mengatur emosi negatif. Berkomunikasi dengan Tuhan dipercaya oleh sebagian orang beragama dapat menenangkan hati dan pikiran.

Berkendara motor membutuhkan banyak aspek untuk selamat sampai tujuan, mulai dari perlengkapan safety riding, wajib memiliki SIM, memakai helm ber standart SNI dan konsentrasi.

Manager Promosi Yamaha Jatim, William Saputra mengatakan, “Berkendara motor harus diisi dengan hati yang tenang agar pikiran bisa fokus dan konsentrasi di jalan.”

Jadi, buat kalian yang sering susah mengatur emosi saat berkendara bisa ikuti empat cara diatas ya. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*