Tubuh Tetap Fit Saat Touring di Bulan Ramadhan, Ini Resepnya!

Assalamualaikum sobat anangcozz.com – Menanggapi berbagai ragam aktivitas, seperti perjalanan touring di bulan suci Ramadhan, memang tak bisa dihindari. Terlepas dari soal niat ibadah puasa, secara fisik dan endurance, kondisi seperti ini memang menjadi tantangan bagi para biker.

General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha Jatim, Ilham Wahyudi sekaligus biker yang aktif touring, memiliki tips agar stamina tetap terjaga meski tengah menjalankan ibadah puasa.

“Khusus buat bikers yang akan melangsungkan touring, dengan kondisi berpuasa. Nih ada resep spesial, untuk menjaga fisik agar tetap prima saat riding. Berdasarkan pengalaman memang fisik dan stamina terjaga lebih segar, di tengah padatnya aktivitas.” katanya.

Ada perilaku dan adaptasi pola makan yang mesti dirubah. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, protein dan karbohidrat, di saat bulan puasa. Jangan diforsir atau berharap besar dari kandungan menu makanan, yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka saja.

1. Luangkan 4 jam usai berbuka puasa, mampir ke depot atau kaki lima penjual sate kambing muda atau yang biasa disebut sate cempe. Dan konsumsi 10 tusuk sampai 20 tusuk cukup, setiap 2 hari sekali.

Resep ini, sejatinya yang dipakai atlet BMX salah satu mentor si penulis, ketika masih rajin bersepeda segmen cross country. Dan memang terbukti, mampu menjaga sisi endurance tubuh lebih baik, disaat titik lelah mulai datang. Artinya, kalau 4 jam usai berbuka harus makan sate kambing muda, maka saat berbuka puasa, jangan sampai dibuat kenyang lebih dulu, tahan dan sabar.

2. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, selama puasa. Konsumsi tambahan adalah juice tanpa gula dan es batu, yang bisa di request langsung ke penjual atau membuatnya sendiri.

3. Pastikan air mineral berkapasitas 2 liter, rutin terkonsumsi.

Artinya, butuh pengaturan jeda dan durasi waktu yang tepat, untuk mengkonsumsinya. Dan saat makan sahur, menu makanan regular selain nasi, pastikan ada sayur, telur, ikan laut, yang mudah untuk dicerna, agar tidak mudah mengantuk, apabila dituntut untuk riding berangkat pagi hari.

4. Terakhir sebagai pelengkapnya, konsumsi pisang. Mengingat, cukup banyak kandungan air, kalori, protein, serat, karbohidrat, gula, kalsium, magnesium dan kalium di dalamnya. Dan suplemen vitamin, bisa mengkonsumsi vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin E.

Itu dia sob, beberapa resep tetap sehat saat touring di bulan puasa. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*