Honda EX5, Kembaran Astrea Grand Ini Terlahir Kembali!

Anangcozz.com – Masih ingat dengan Honda Astrea Grand?? Motor yang pernah berjaya di jamannya bersama klan Astrea lainnya itu kini terlahir kembali dengan tetap mempertahankan konsep desain orisinilnya tapi fiturnya sudah di rombak jadi lebih kekinian sob. Hmmm…cocok nih buat yang pengin bernostalgia lagi dengan masa Tempo Doeloe yang penuh dengan kenangan…Ehm.

Tapi sayang sekali, kembaran Astrea Grand ini di luncurkan di Malaysia sob. Honda Boon Siew Malaysia yang merupakan ATPM resmi Honda di Malaysia, baru saja memperkenalkan kembaran Honda Grand tersebut dengan nama Honda EX5. Honda EX5 ini secara tampilan mirip sekali dengan Honda Grand, namun dengan performa mesinnya ditingkatkan menjadi 109,17cc dan sudah berteknologi Fuel Injection (PGM-FI). Mesin tipe single silinder, SOHC, 2 valve, power mesinnya mencapai 6,37 kW (8,66 PS) pada 7.500 rpm dan torsi 8,62 Nm pada 5.500 rpm. Wah…mantab bro. Gaya boleh jadul, tapi teknologi gak mau ketinggalan.

Honda EX5 dilihat dari depan tampak desain lampu utama bohlam yang mengotak dengan lampu sein di kiri dan kanan menempel pada cover setang. Di bawahnya ada cover bodi dan spakbor depan yang siapa saja melihatnya pasti gak asing lagi dengan Honda Grand cak…!

Ke bagian belakang ada jok tandem yang gak banyak lekukan tapi lempeng aja dan busa yang tebal..khas banget. Kemudian ada sedikit perubahan pada lampu belakang dan spakbor belakang sob. Stoplamp sedikit lebih meruncing dan ada tambahan lampu plat nomor di spakbor belakang nya. Lampu sein tampak terpisah dari stoplampnya.

Ciri khas lain adalah suspensi belakang yang tertutup cover. Khas banget suspensi motor bebek Honda jadul. Di area pengereman pun tidak ada yang beda, masih menggunakan drum brake baik depan maupun belakang.

Honda EX5 di Malaysia masih dipertahankan karena ternyata disana motor model ini masih sangat di sukai. Bahkan lebih laris dibanding Honda Wave Alpha yang sama sama bergenre motor bebek.

Ke bagian speedometer, desainnya masih mempertahankan full analog dengan indikator standar. Dan menariknya, untuk handle switch ternyata sudah menganut Automattic Headlamp On (AHO).

Harga Honda EX5
Honda Boon Siew Malaysia membanderol harga Honda EX5 Malaysia dengan harga RM 5,009 atau sekitar 16,5 jutaan Rupiah untuk tipe Cast Wheel. Sedangkan untuk tipe Spoke Wheel dibandrol dengan harga RM 4,783 atau sekitar Rp 15,79 Jutaan.

Nah, kira kira AHM tertarik gak nih untuk me-reborn Honda Grand 2020 aka Honda EX5 ini?? Menemani Honda Revo di kelas entry level, kali aja nanti pangsa pasar motor bebek kembali bergairah dengan menghadirkan motor jadul..hehe.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.