Nostalgia, Motor Sport Lawas Honda Ini Lahir Kembali Cak!

Anangcozz.com – Assalamu’alaikum sobat, sangat menarik sekali ketika melihat motor sport Honda yang sudah pensiun dari pasaran, kini terlihat kembali di produksi. Setidaknya itu yang terjadi pada Honda GL series dan Mega Pro Primus…dua pensiunan motor sport tanah air tersebut ternyata terlahir kembali di kawasan Amerika Latin.

Yang pertama adalah Honda CGL125. Sosok Honda CGL125 ini mengingatkan kita pada sosok Honda GL Max yang pernah ngetrend di negeri kita di era 80-an. Gaya tampilannya yang khas terlihat dari lampu depan dan belakangnya yang mengotak, bodinya memanjang dengan tangki dan jok yang selaras dengan model knalpotnya khas mirip bazoka. Klop wes…GL bangett!

Menariknya, bagian bodi yang berbahan logam di labur dengan warna krom. Dan di belakang ditambahkan rak tempat mengikat barang yang juga berwarna krom.

Mesin Honda CGL125 adalah single silinder, 125cc, 4tak, pendingin udara dengan 5 percepatan. tenaga puncak di 9,7 dk pada 8.500 rpm dan torsi 8,8 Nm pada 7.500 rpm. Sedang untuk kapasitas bensinnya bisa menampung 10,5 liter bahan bakar.

Suspensinya jenis teleskopik di depan dan dual sokbreker di belakang. Kemudian, peleknya tetap menggunakan model jari-jari, dengan sistem pengereman tromol di roda depan dan roda belakang. Honda CGL125 ini di pasarkan di Meksiko dengan banderol sekitar 22.990 peso atau setara Rp 15,5 juta. Murah yak…hehe.

Yang kedua adalah Honda CB1 Star. Nah kalau motor satu ini penerusnya Megapro Primus-nya Indonesia gaes, desainnya plek…mirip banget. Bedanya pada mesinnya yang cuma 125cc sedangkan Megapro kan 150cc.

Meski penampilannya lawas, tapi teknologi dan fiturnya termasuk modern gaes. Mesin 125cc, single silinder, karburator, 4 percepatan dan sudah memenuhi syarat Euro 3. Tenaga mesin hingga 8.5HP@7000RPM dan torsi 10.18Nm@5000RPM. Kapasitas tangki BBM nya 11 liter.

Suspensinya jenis teleskopik di depan dan dual sokbreker di belakang. Peleknya menggunakan model jari-jari, dengan sistem pengereman tromol di roda depan dan roda belakang. Honda CB1 Star ini di pasarkan di negara Ekuador gaes.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.