Jurus MPM Honda Jatim Mengatasi Konsumen Yang Bandel Tidak Mau Mengikuti Protokol Kesehatan

Anangcozz.com – Assalamu’alaikum sobat, di masa pandemi ini ternyata tidak semua orang patuh terhadap protokol kesehatan dengan bermacam macam alasan. Namun, sebagai perusahaan besar yang melayani banyak orang atau konsumen, diler Honda terus berusaha menjalankan protokol kesehatan sesuai standar yang berlaku.

Ada beberapa pengalaman para frontline people di Diler Honda yang mendapati konsumen yang enggan mematuhi protokol seperti tidak menggunakan masker, atau ke diler saat kondisi tubuh kurang fit yang tentunya bikin was was para karyawan Diler.

Menyikapi hal tersebut, biasanya pihak Diler yang pertama kali dilakukan adalah memberikan edukasi secara persuasif terlebih dahulu. Kemudian pendekatan dan juga relokasi dulu jika perlu agar konsumen lebih tenang dan nyaman.

Seperti contoh kasus di daerah Malang, Jatim ketika ada konsumen yang tidak aku pakai masker, maka di beri pengarahan terlebih dahulu, kemudian di beri masker gratis. Dan akhirnya, konsumen tersebut mau pakai masker dan karena pelayanan yang baik akhirnya jadi beli motor.

Kasus yang kedua terjadi di MPM Simpang, Surabaya. Di kasus ini pendekatan yang dilakukan diler adalah pendekatan budaya.

“Karena konsumennya ini diketahui orang Madura yang keras dan ngeyel gak mau ikut protokol, kami melakukan pendekatannya secara budaya. Kebetulan ada karyawan kami yang bisa bahasa Madura dan mencoba membujuknya sambil ngobrol bahasa Madura. Akhirnya konsumen tersebut luluh juga hatinya.” Kata pak Bonda Priyoadi, Head HC3 PT. MPM Honda Jatim saat meeting Zoom dengan Blogger.

Beberapa main Diler Honda di beberapa wilayah juga pernah mengalami hal serupa. Dan yang dilakukan pertama kali adalah pendekatan secara edukatif dan persuasif terlebih dahulu. Agar konsumen merasa lebih nyaman dan mendapatkan pelayanan yang baik.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.