Kenali Tanda Jika V-Belt Motor Skutik Harus Di Ganti

Anangcozz.com – Assalamu’alaikum sobat, bicara soal kepraktisan dalam pengoperasian dan nilai fungsionalnya, jelas sepeda motor jenis skutik masih yang terbaik. Maka tak heran jika ada pepatah bilang “semua akan matik pada waktunya“.

Cara pengoperasiannya juga sangat mudah, sehingga remaja, ibu ibu pun bisa dengan mudah menggunakan motor matik ini. Gak perlu repot injak perseneling untuk pindah gigi atau menarik tuas kopling seperti halnya motor sport. Tinggal tarik tuas gas, maka sepeda motor jenis matik akan otomatis ngacir dan akan semakin kencang saat kita pluntir gas lebih dalam.

Namun demikian, memiliki motor matik harus perhatian soal perawatan sob. Salah satunya adalah part penggerak motor V-Belt. Part inilah yang berfungsi atau bekerja meneruskan putaran mesin sampai ke roda belakang. Karena fungsinya sangat penting, kita harus extra perhatian dalam memberikan perawatan.

Jika V-belt putus, bisa dipastikan skutik hanya akan diam di tempat meski mesin motor hidup. Atau kasus yang lebih parah lagi roda belakang bisa terkunci karena lilitan benang v-belt nya di pully gardan, tapi ini jarang terjadi. Ngeri juga yak…

Nah, sebagai biker, tentunya kita harus tahu kapan waktunya ganti V-Belt ini dengan melihat jangka waktu pemakaian dan juga tanda tanda jika V-Belt harus ganti. Setidaknya terdapat 3 tanda pada skutik Honda bahwa V-belt waktunya diganti diantaranya :

1. Skutik terasa getar saat tuas gas mulai dipuntir. Bisa jadi penyebabnya adalah V-belt mulai retak/aus.

2. Tarikan skutik terasa berat. Karena V-belt aus, tenaga dari mesin tidak tersalurkan secara sempurna ke roda belakang. Hal ini juga bisa menyebabkan konsumsi BBM semakin boros.

3. Terdapat bunyi kasar pada area CVT.

Jika tiga tanda tersebut mulai muncul, segera lakukan pemeriksaan sob. Agar kondisi V-belt tetap terjaga begitu juga dengan performa motornya.

“Penggantian V-belt normalnya 24.000km mas. Kalau sebelum itu, kita cek jika ada keluhan dari konsumen,” Kata Agus Setio mekanik AHASS Segoro Madu, Sedati saat service Genio 110 saya.

Nah, dia tips merawat performa motor dengan mengetahui kondisi v-belt motor. Jangan lupa untuk service rutin atau layanan service kunjung dari AHASS terdekat.
Semoga berguna.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.