Blogger Vlogger Belajar Virtual Safety Riding PART 1: Memprediksi Bahaya!

Assalamu’alaikum sobat anangcozz.com – PT Mitra Pinasthika Mulia atau MPM Honda Jatim selaku main Diler Honda Di Jawa Timur dan NTT, mengadakan acara edukasi Safety Riding kepada rekan blogger vlogger Jatim. Acara dikemas melalui kelas Zoom Meeting yang rencananya akan di bagi menjadi 3 sesi selama bulan Maret ini gaes. Dan hari Sabtu kemarin, sesi 1 telah rampung dilaksanakan dengan diikuti oleh 21 peserta dari blogger dan vlogger.

Sebagai host acara, ada mas Novan dan kak Viodea. Sementara Narasumber adalah Mas Dimas Satria dan mas Yudhistira selaku instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

Sesi pertama, tema pembahasan adalah tentang “Danger Prediction“. Apa itu danger prediction? Danger prediction bisa juga di artikan memprediksi bahaya. Dan ini berkaitan erat dengan reaksi kita terhadap berbagai kondisi lalu lintas disekitar kita.

Setidaknya ada tiga hal yang mempengaruhi reaksi seseorang dalam mengambil kesimpulan ketika terjadi bahaya di jalan. Yakni Identifikasi – Keputusan – Reaksi. Dari ketiga unsur tersebut, Identifikasi menjadi faktor terpenting. Karena identifikasi yang tepat menghasilkan keputusan dan reaksi yang benar, dan sebaliknya jika identifikasi terhadap suatu bahaya salah, maka keputusan dan reaksi selanjutnya bisa salah dan berbahaya.

Maka identifikasi ini berkaitan erat dengan ketajaman penglihatan seseorang. Sedangkan ketajaman penglihatan di pengaruhi beberapa faktor diantaranya :
– Faktor usia, semakin tua seseorang tingkat ketajaman matanya semakin berkurang.

– Faktor perubahan cahaya, misalnya saat keluar dari lokasi gelap ke terang atau sebaliknya. Mata kita butuh beberapa saat untuk kembali normal menyesuaikan keadaan sekitar. Atau silau cahaya dari kendaraan lain di depan kita, ini juga berpengaruh lho.

– Faktor siang dan malam, ketika malam hari ketajaman mata juga berkurang. Begitu juga sebaliknya.
– Faktor kecepatan, semakin cepat maka sudut jangkauan pandangan mata kita semakin sempit, ketajaman mata kita menangkap objek juga berkurang.

Itu dia beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penglihatan kita yang akhirnya mempengaruhi keputusan dan reaksi kita menganalisa kemungkinan bahaya yang akan terjadi.

Blindspot
Salah satu faktor yang harus kita perhatikan saat berkendara adalah mengetahui posisi blindspot di kendaraan terutama saat kita berada di dekat kendaraan lain. Blindspot adalah posisi atau area yang tidak terlihat oleh pengemudi kendaraan, baik secara langsung maupun dari kaca spion. Penting sekali kita mengetahui area blindspot ini agar kita terhindar dari kecelakaan. Di bawah ini adalah contoh area blindspot. Maka jika berada dalam kondisi tersebut maka sebaiknya kita mengambil posisi di A atau C. Sementara B adalah area blindspot yang berbahaya.

Bahaya Yang Tak Terlihat.
Bahaya tak terlihat biasanya terjadi karena ada kendaraan lain yang tertutup oleh kendaraan di depannya. Biasanya kendaraan di depannya lebih besar dari kendaraan di belakangnya.

Contoh kasus yang sering terjadi karena bahaya tak terlihat ini misalnya ketika kita akan menyebarang di depan kendaraan lain dari arah berlawanan. Terkadang tanpa kita sadari, tiba tiba ada kendaraan lain dari belakang kendaraan didepan kita nyelonong dari samping. Jika kendaraan tersebut kecepatannya tinggi hal ini bisa sangat berbahaya sekali. Perhatikan bahaya ini gaes…!

Paham Rambu Lalu Lintas
Pemahaman tentang rambu lalu lintas juga sangat penting. Ada banyak rambu lalu lintas seperti rambu larangan yang biasanya ditandai dengan warna merah, rambu perintah dengan warna biru, dan himbauan dengan warna kuning. Ada juga rambu petunjuk yang biasanya berwarna hijau.

Saya sendiri sangat antusias dengan acara ini, apalagi di akhir acara ada kompetisinya di sesi evaluasi. Jadi kita sangat bersemangat juga untuk berkompetisi dengan teman teman blogger vlogger lainnya, sekaligus mengetes seberapa jauh penyerapan materi yang telah disampaikan oleh Narasumber.

Aktivitas Blogger Vlogger Cari_aman Competition ini merupakan salah satu cara MPM meng-kampanye kan keselamatan berkendara. Dengan memberikan edukasi kepada Blogger Vlogger, diharapkan nantinya mereka dengan blog dan media yang di miliki bisa membagikan informasi ini kepada pembaca atau pemirsa sebagai masyarakat.

Mungkin para pembaca bertanya tanya, kenapa sih kampanye safety riding terus di galakkan oleh AHM? Jawabannya adalah karena masih tingginya angka kecelakaan yang terjadi di tanah air ini gaes. Dan mirisnya, 75 persen adalah pengguna sepeda motor dan 58 persen korbannya adalah usia produktif. Inilah yang menjadi alasan kenapa edukasi safety riding ini sangat penting untuk terus di Kampanyekan agar masyarakat sadar akan keselamatan berkendara.

Untuk sesi kedua “Blogger Vlogger “Cari_aman Competition” akan saya share disini materinya gaes ya. Jadi stay tune terus di sini untuk mendapatkan informasi seputar safety riding.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.