Tips Ringan Merawat V-belt atau Belt Drive Motor Matik

Assalamu’alaikum sobat annagcozz.com – peran Vanbelt atau V-belt atau Belt Drive pada motor matik sangat penting karena berfungsi sebagai penghubung mesin dan roda. Jika terjadi masalah pada part ini, dipastikan akan berpengaruh terhadap performa motor itu sendiri. Oleh karena itu, perlu pengecekan dan perawatan secara berkala.

Umur V-belt tiap motor berbeda beda tergantung bagaimana cara berkendara kita dan memperlakukan motor kesayangan. Ada yang agresif ada pula yang biasa biasa saja. Berikut ini tips merawat v-belt motor matic agar tetap awet dari MPM Honda Jatim.

1. Rutin Periksa V-belt
Periksa rutin CVT V-belt tiap 8.000 Km. Di khawatirkan ruang CVT kotor sehingga mempengaruhi performa dan umur Belt Drive. Jika kotor kita bisa membersihkan dengan angin bertekanan untuk membersihkan ruang CVT nya.

2. Ganti Belt Drive setiap 24.000 km

Umumnya pada pemakaian normal, umur komponen ini bisa mencapai 24.000 Km dan setelah itu harus dilakukan penggantian. Namun, kembali lagi hal ini tergantung pada gaya berkendara masing masing sob.

3. Tidak Disarankan Buka Tutup Gas Secara Agresif

Memutar handle gas secara mendadak demi membuat akselerasi motor matik bisa memperpendek usia pakai belt Drive. Sehingga hal tersebut tidak disarankan. Lebih baik berkendara dengan memutar gas perlahan agar usia belt Drive lebih panjang.

Memeriksa kondisi V-belt ini bisa dilakukan sendiri maupun ke bengkel resmi AHASS pada saat service rutin. Banyak keuntungan jika kita ke AHASS, selain bergaransi, kualitas part-nya juga terjamin. Belum lagi ada banyak promo jika kita beruntung.

Demikian sob, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *