Tips Merawat Motor Matik Biar Awet Ala Yamaha

Di Indonesia, skuter matic menjadi kendaraan favorite yang kerap dipilih oleh pengendara roda dua. Selain menawarkan kepraktisan bagi pengendaranya, penggunaannya cenderung lebih mudah bagi semua kalangan. Terlebih bagi mereka yang hidup di perkotaan dan kerap berhadapan dengan kondisi jalanan yang macet.

Walau hanya bermodalkan gas dan rem, skuter matic tetap perlu perawatan yang maksimal untuk menunjang performanya. Namun, pengendara kerap menyepelekan perawatan kendaraanya. Baik motor bekas maupun motor baru, juga perlu perawatan agar kendaraan awet.

“Sebenarnya perawatan motor matic itu tidak susah. Selain melakukan perawatan di bengkel resmi Yamaha, konsumen juga bisa melakukan perawatan dirumah. Supaya kondisi tetap awet dan tidak mudah rusak,” ungkap Dwi Suwanto, Instruktur Service PT. Surya Timur Sakti Jatim.

Adapun Dwi memberikan tips bagaimana cara merawat motor matic, begini tipsnya :

1.           Panaskan motor setiap hari
Salah satu cara yang diyakini untuk menjaga keawetan motor adalah dengan memanaskan kendaraan setiap hari. Dengan memanaskan motor, oli akan melumasi mesin sehingga performa mesin tetap terjaga. Tidak perlu terlalu lama, cukup panaskan motor kurang lebih 5 menit. Hal ini guna menghindari terjadinya kerusakan pada mesin.

2.           Cek aki dan busi secara rutin
Layaknya oli, aki dan busi menjadi salah satu komponen penting yang ada di kendaraan. Oleh karena itu, pengendara wajib memperhatikan kelayakan aki dan busi kendaraan. Tentu anda tidak ingin mengalami kondisi kendaraan yang mogok di tengah jalan bukan.

3.           Ganti oli setiap 3.000 km
Oli motor merupakan pelumas mesin kendaraan. Untuk itu, rutin melakukan pergantian oli motor guna menjaga performa mesin tetap bekerja dengan optimal. Setidaknya ganti oli maksimal setiap 3.000 km atau setidaknya 2 bulan sekali. Pastikan untuk menggunakan oli Yamalube yang sudah terjamin kualitasnya.

4.           Lakukan service rutin
Rutin melakukan service di bengkel resmi Yamaha juga menjadi salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan oleh pemilik kendaraan. Tentunya konsumen akan dilayani oleh teknisi handal Yamaha sesuai dengan Standar Operating System yang dimiliki Yamaha.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui instagram @Yamahafriends.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*