Pahami Perbedaan Asuransi dan Garansi Saat Membeli Mobil

Sama-sama berfungsi untuk melindungi kendaraan Anda, apakah asuransi dan garansi sama? Simak penjelasannya berikut ini yang akan sangat berguna saat Anda beli mobil bekas sesuai kebutuhan.

Sobat sekalian, saat hendak membeli mobil, Anda akan menemukan satu gerai yang menawarkan mobil bekas bergaransi, dan gerai lain yang menawarkan tambahan asuransi. Apakah keduanya sama saja? Asuransi dan garansi memberikan manfaat perlindungan bagi mobil sehingga pemiliknya merasa lebih aman. Meskipun secara umum sama-sama memberikan manfaat, pada dasarnya keduanya berbeda. Apa saja yang membedakannya? Pahami bedanya asuransi dan garansi saat membeli mobil berikut ini.

Pengertian
Hal pertama yang tentu harus dipahami terlebih dahulu adalah pengertiannya. Asuransi adalah bentuk perlindungan finansial yang diberikan perusahaan asuransi sebagai pertanggungan jika terjadi sesuatu yang menimpa barang milik pengguna asuransi sesuai dengan perjanjian yang dibuat. Dalam hal ini barang milik pengguna adalah mobil bekas yang dibeli.

Asuransi mobil masih dibagi dua berdasarkan perlindungannya, yakni All Risk dan Total Loss Only (TLO). Perlindungan All Risk akan menanggung semua resiko yang terjadi pada mobil baik yang mengakibatkan kerusakan ringan, berat, atau sampai kehilangan sekalipun. Sedangkan, TLO hanya akan menanggung sesuatu yang mengakibatkan mobil mengalami kerusakan parah setidaknya 75%.

Berbeda dengan asuransi, garansi mobil lebih berbentuk jaminan yang diberikan dealer penjual terhadap kerusakan, kegagalan atau kesalahan yang terdapat pada komponen mobil dalam jangka waktu tertentu (variatif). Perlindungannya memang tidak sepenuh asuransi, karena yang ditanggung umumnya hanya sebatas servis ringan, pergantian oli, atau komponen-komponen tertentu saja.

Cara Mendapatkannya
Setelah memahami pengertiannya, barulah Anda sudah bisa memikirkan bagaimana bisa mendapatkannya. Untuk asuransi mobil, Anda perlu memilih terlebih dahulu perusahaan asuransi yang cocok untuk mobil Anda, lalu mendaftar dan membayar premi setiap periode waktu tertentu baik bulan atau tahun. Biaya preminya pun beragam, tergantung dari jenisnya, perlindungannya, hingga kondisi mobilnya sendiri tergantung kesepakatan yang tertulis dalam polis.

Itu baru seputar pendaftarannya. Untuk cara klaim asuransinya masih ada langkah prosedural yang harus ditaati. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada mobil, Anda perlu melaporkan ini kepada perusahaan asuransi. Sebelumnya, Anda perlu membuat laporan dari kepolisian jika terjadi kehilangan atau kecelakaan agar dapat dijadikan bukti. Tidak lupa siapkan surat kelengkapan dalam berkendara ditambah polis dan formulir klaim asuransi.

Terkesan rumit, namun tidak berlaku pada garansi. Begitu Anda membeli mobil bekas yang diinginkan, di hari itu juga Anda sudah berhak mendapatkan garansi. Memang sangat memudahkan karena tidak perlu memakan biaya tambahan untuk mendapatkannya. Pembayaran hanya diperlukan jika Anda ingin memperpanjang masa berlakunya.

Mobil88 Menawarkan Garansi Mesin dan Jaminan Uang Kembali 100%
Bicara tentang membeli mobil bekas, garansi sangat penting untuk menunjang kepercayaan calon pembeli. Pasalnya, kita tidak bisa langsung mengenal mobil yang akan kita beli dalam sekali jalan. Tiap mobil akan memiliki karakter yang berbeda sekalipun merek dan tipenya sama, mengingat pemilik sebelumnya pun hampir pasti berbeda juga.

Apa jadinya jika sudah kredit mobil bekas, sekitar satu atau dua minggu kemudian baru terlihat ada yang tidak beres dengan komponennya? Akan sangat disayangkan jika dealer tempat Anda membeli tidak memberikan garansi. Itulah yang menjadi alasan pentingnya garansi jika membeli mobil bekas. Kabar baiknya, inilah yang ditawarkan Mobil88.

Gerainya menyediakan garansi mesin hingga 1000km atau selama 30 hari sejak hari serah terima kendaraan. Tidak hanya itu, Anda bisa mendapatkan kembali uang Anda 100% jika Anda berubah pikiran 1X24 jam dari pembayaran yang dilakukan. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu lagi membeli mobil bekas di gerai Mobil88!

Oke gaes…demikian sekilas tentang perbedaan asuransi dan garansi saat kita membeli mobil. Pahami dulu perbedaan keduanya agar nanti lebih nyaman di hati. Semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.