Sepeda Mini Trek, Mendadak Populer Di Saat Pandemi!

Mini track, Yap…sepeda mini yang lagi ngetren di masyarakat saat pandemi covid-19 ini. Tampangnya yang sederhana dan terkesan biasa saja, ternyata malah memiliki magnet yang luar biasa di mata para pecinta sepeda mini di tanah air. Komunitasnya mulai menyebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Dan setelah di telisik, ternyata sepeda mini track sendiri merupakan hasil kreasi anak bangsa sendiri lho sob…mereka merestorasi sepeda mini bekas buatan Jepang di era 80-an yang sekarang ini mungkin sudah tidak ada barang baru nya lagi. Di Indonesia sendiri sepeda mini buatan Jepang ini biasanya banyak dipakai ibu ibu ke pasar ataupun anak kecil yang baru pertama belajar sepeda karena desainnya yang sederhana dan memiliki boncengan dan rak yang besar di depan. Sehingga mudah untuk di kendarai.

Namun siapa sangka, dengan perombakan pada beberapa komponen sepeda kemudian dilakukan pelaburan warna warni cat yang menarik, sepeda mini ini kini telah menjadi sebuah sepeda mini track yang di idolakan banyak orang. Diantara ubahan yang dilakukan adalah mengganti beberapa komponen seperti ban, rantai, gir, setang, pengayuh, rem dan jok sadelnya dengan komponen baru yang lebih modern dan keren. Untuk gir nya, ada yang mengganti dengan jenis gir bertingkat ala sepeda gunung agar mudah buat gowes di berbagai medan jalan.

Rim velg yang banyak di gunakan adalah 20 inch 1⅛ yang karet bannya kecil kayak sepeda balap. Kemudian, rangka utamanya yang melengkung membentuk U di labur dengan warna cat baru sehingga tampilannya lebih menarik.

Video Sepeda Mini Trek

Yap, ternyata setelah di hitung hitung restorasi sepeda mini bekas ini menjadi sepeda mini trek modern biayanya tidak lah mahal. Saat ini sepeda mini harga bekasnya di jual sekitar 300 ribuan di toko sepeda bekas. Tinggal ganti aja spare partnya, bisa mengambil dari sparepart bekas sepeda balap atau dari merek terkenal lain yang lebih berkelas. Seperti gear set, rem set, sadel, setang, shifter sepeda dan aksesoris lainnya.

Nah menariknya, harga jual sepeda mini yang sudah di restorasi menjadi sepeda mini trek bisa mencapai Rp 5 jutaan sob..wow. Tentunya bisa di jadikan peluang usaha baru nih sob.

Saat ini sudah banyak komunitas sepeda mini trek yang tersebar di beberapa kota terutama di Jawa timur seperti Surabaya, Malang, Trenggalek dan kota lainnya. Setiap akhir pekan, biasanya mereka mengadakan mini tour keliling kota atau mengunjungi spot spot wisata menarik. Hmmm….tertarik untuk gabung??

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.