Spesifikasi Yamaha Exciter 155 VVA, Ini Resep Yang Bikin Performanya Ganas!

Assalamu’alaikum sobat Anangcozz.com – Yamaha Vietnam baru saja merilis bebek super Yamaha Exciter 155 VVA alias MX King nya Indonesia. Menariknya, bebek super ini kini hadir dengan sejumlah upgrade besar-besaran di sektor desain, mesin, fitur, juga teknologi. Oke gaes, kali ini kita akan mengulik lebih dalam lagi soal spesifikasinya.

Salah satu teknologi perubahan yang signifikan pada Yamaha Exciter 155 VVA ini adalah sektor mesinnya gaes. Sudah dibekali sistem katup variable VVA seperti yang diaplikasikan pada Nmax, Aerox, dan All New R15 dengan basis mesin yang sama sehingga mesinnya lebih bertenaga. Teknologi Variable Valve Actuation (VVA) berfungsi menjaga performa mesin di setiap rentang rpm. Fitur katup variabel ini bekerja di rpm 7.400 atau lebih.

Simak Spesifikasi lengkapnya berikut ini:

Spesifikasi Yamaha Exciter 155 VVA

Mesin: 4-tak, 4-katup, SOHC, berpendingin cairan
Kapasitas silinder: 155 cc
Diameter dan langkah piston: 58,0 mm × 58,7 mm
Rasio kompresi: 10.5: 1
Tenaga maksimum: 17,7 HP @9.500 rpm
Torsi maksimum: 14,4 Nm @8.000 rpm
Jenis power train: Manual 6-percepatan

Jenis rangka: Backbone
Rem depan: Cakram tunggal hidrolik 2 piston
Rem belakang: Cakram tunggal hidrolik
Ban depan: 90/80-17M /C 46P (tubeless)
Ban belakang 120/70-17M /C 58P (tubeless)

Dimensi (panjang x lebar x tinggi): 1.975 mm × 665 mm × 1.085 mm
Tinggi jok: 795 mm
Jarak sumbu roda: 1.290 mm
Jarak terendah ke tanah: 150 mm
Berat basah: 121 kg tipe tertinggi, 119 kg tipe standar.
Kapasitas tangki bensin: 5,4 liter
Kapasitas oli mesin: 1,10 liter

Dari data spesifikasi diatas beberapa faktor yang membuat performa Exciter 155 VVA ini meningkat adalah penambahan kapasitas mesin menjadi 155cc. Namun, tidak hanya itu saja, ada faktor lainnya juga seperti perubahan filter udara sebagai pemasok udara, intake manifold aluminium yang lebih besar, intake hoppers lebih panjang, dan throttle body berukuran 28 mm.

Sistem pembuangan juga baru, di mana pipa knalpot dan knalpot disetting ulang agar bisa menghasilkan pembuangan yang optimal, dengan katalis baru, dan bantalan fiberglass tambahan di bagian peredam agar suara motor lebih senyap.

Sistem pembakaran juga di perbaiki, injeksi bahan bakar meningkat dari 15 derajat menjadi 18 derajat. Jumlah hole (lubang) di injektor pun bertambah dari 6 menjadi 10 lubang. Semakin banyak lubang, maka semprotan bahan bakar akan lebih banyak dan bisa meningkatkan efisiensi pembakaran tenaga mesin.

Dari segi teknologi, mesin Exciter 155 VVA juga dibekali fitur Assist & Slipper Clutch. Assist merupakan teknologi yang bisa meringankan pengoperasian tuas kopling, sementara Slipper Clutch bertugas mencegah roda belakang mengunci saat dilakukan shift down (penurunan gigi) secara ekstrem.

Motor bebek super ini juga mengadopsi Teknologi Diamond-Like Carbon Coating (DLC) seperti di YZF-R1. Teknologi pelapisan DLC ini bisa membuat ring piston tahan lama dan ringan untuk akselerasi yang halus dan lebih bertenaga.

Nah, itu dia gaes beberapa poin yang menjadi faktor meningkatnya performa Yamaha Exciter 155 VVA. Semoga bermanfaat.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.